Ini Beberapa Hal Mistis yang Sering Dipercaya di Indonesia

Ini Beberapa Hal Mistis yang Sering Dipercaya di Indonesia

Alpandi Pinem
2020-09-23 21:29:51
Ini Beberapa Hal Mistis yang Sering Dipercaya di Indonesia
Ilustrasi Dukun (Istimewa)


Sebagian besar orang Indonesia masih percaya dengan hal yang masih berbau mistis. Tak jarang suatu kepercayaan terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan makhluk halus sering menjadi pembicaraan di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Berikut inilah beberapa hal yang masih dipercayai dengan sesuatu yang mistis di Indonesia.


1. Dukun


Seperti yang sudah menjadi pengetahuan umum, mistis adalah hal yang berkaitan dengan dunia gaib. Pengertian ini sesuai dengan kemampuan dukun yang umumnya bisa mengetahui, melihat dan berinteraksi dengan alam gaib. Tak sedikit juga orang yang memiliki kemampuan tersebut kemudian bekerja sebagai dukun. Banyak yang masih mempercayai bahwa dukun bisa menjadi solusi atas setiap permasalahan hidup. Dukun identik dengan benda-benda mistis semisal keris, tombak, sesajen, bunga dan sejenisnya.

Baca Juga : Kisah Seram Villa Merah Pangalengan, Villa Jerman Bandung yang Bikin Merinding

2. Benda Keramat


Selain dukun, hal mistis lain yang juga masih dipercaya masyarakat Indonesia adalah benda-benda keramat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, benda keramat bisa berupa senjata tradisional, cincin, batu, atau menyan. Benda-benda tersebut dianggap memiliki kekuatan mistis yang juga biasa disebut jimat.

Peruntukannya bisa bermacam-macam. Ada yang memakainya untuk pesugihan, kekebalan diri, penglaris, atau untuk memudahkan memikat lawan jenis. Untuk memilikinya harus melewati syarat khusus yang tidak bisa dikatakan mudah.

3. Mitos


Hal mistis di Indonesia juga sering dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Mitos biasanya merupakan larangan yang jika dilanggar akan mengakibatkan keburukan. Misalnya saja mitos tentang larangan keluar rumah saat petang karena bisa diikuti makhluk dari alam lain.

Contoh lain misalnya anjuran menaruh gunting di dekat bayi yang baru lahir agar si bayi tidak diganggu makhluk gaib. Mitos-mitos tersebut hingga kini masih banyak dipercayai terutama oleh masyarakat yang tinggal di desa.

Baca Juga : Seram! Ternyata Ini Awal Mula Munculnya Mitos Tuyul

4. Waktu Terlarang


Tidak hanya benda atau kejadian yang dilabeli mistis, orang Indonesia juga masih banyak yang mempercayai waktu-waktu terlarang. Waktu-waktu tersebut dianggap terlarang karena dipercaya akan mendatangkan bencana jika memaksa untuk dilarang.

Waktu terlarang yang dianggap paling mistis adalah larangan untuk menikah di bulan Suro. Bulan tersebut merupakan bulan pertama di sistem penanggalan Jawa. Bagi yang menikah di bulan tersebut, dikhawatirkan akan mendapatkan keburukan dan kesulitan.

Baca Juga : Bertemu Pendukung di Kecamatan Merdeka, Cory Sebayang Berjanji Sejahterakan Petani

5. Ritual


Berbicara soal mistis di Indonesia, pasti sangat erat kaitannya dengan ritual. Ritual biasanya dilakukan oleh orang yang dianggap memiliki kemampuan lebih untuk menembus alam gaib. Tujuan dilakukan ritual bisa bermacam-macam, misalnya ketika menempati rumah baru, menyambut perayaan tertentu atau sekadar upaya membersihkan diri. Ritual yang sering ada, yakni rituak pengantin.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30