SMKN Tegal Waru, Ruang Integrasi Komunikasi yang Banyak Memiliki Fasilitas

SMKN Tegal Waru, Ruang Integrasi Komunikasi yang Banyak Memiliki Fasilitas

JP
2020-09-17 15:54:28
SMKN Tegal Waru, Ruang Integrasi Komunikasi yang Banyak Memiliki Fasilitas
Foto: Facebook SMKN Tegalwaru

SMKN Tegal Waru Purwakarta adalah ruang integrasi komunitas sekolah yang berdiri di atas lahan PT Perkebunan Nusantara VIII.

SKMN ini mengintegrasikan pusat pembelajaran komunitas informal. Terletak di Purwakarta, Jawa Barat, SMKN Tegal Waru memiliki sejumlah fasilitas yang dibangun di atas tanah seluas lima hektar.


Selain menjadi ruang integrasi antara pendidikan formal dan informal, sejumlah fasilitas juga turut dibangun di lokasi tersebut, diantaranya ruang kelas belajar mengajar, satu ruang guru, laboratorium, ruang workshop, lapangan olahraga, dua asrama guru, aula serbaguna serta perpustakaan.


Selain terkenal dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, sebutan Kampung Ilmu juga disematkan untuk kompleks pendidikan tersebut. Gedung sekolah ini nantinya juga akan dirancang untuk terintegrasi dengan pusat-pusat pembelajaran komunitas.


Dibangun sejak 2014, SMKN Tegal Waru sudah memperoleh bantuan dari Kemendikbud dan juga beberapa BUMN, seperti PTPN VIII, PT Krakatau Steel dan PT Semen Tiga Roda.


Program pembangunan sekolah ini sendiri digagas oleh Sosiolog Universitas Indonesia, Imam Prasojo. Imam yang juga ketua Yayasan Nurani Dunia memberikan gagasan pembangunan kembali gedung-gedung sekolah di kawasan terpencil Purwakarta, Jawa Barat. Serta merekrut tenaga pengajar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Bantuan-bantuan yang sudah diterima menurut Imam Prasojo, berupa lahan dan juga dana. Bantuan lahan yang diterima seluas 5 hektar, sedangkan dana sebesar Rp 10 Miliar. Kala itu juga, Imam mengundang KPK dan pihak Kejaksaan Agung untuk melakukan sosialisasi dan monitoring.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30