Sejarah dan Kisah Odading Mang Oleh yang Viral di Bandung

Sejarah dan Kisah Odading Mang Oleh yang Viral di Bandung

Dedi Sutiadi
2020-09-16 19:56:00
Sejarah dan Kisah Odading Mang Oleh yang Viral di Bandung
Tangkapan layar video saat Ade Londok promosikan Odading Mang Oleh

Sejarah dan kisah Odading Mang Oleh yang tengah viral di bandung ternyata memiliki asal usul yang unik. Kue khas Bandung tersebut jadi terkenal dan tengah digandrungi warga Bandung setelah videonya oleh Ade Londok viral di media sosial. 

Adapun asal usul nama odading sempat dituliskan dikisahkan oleh Remmy Sylado dalam tulisannya berjudul "Disumpahi Pemuda: Satu Nusa Satu Bangsa Dua Languanges". Dalam tulisan tersebut diceritakan kisah dibalik asal usul nama Odading.

Baca juga: Kronologi Wanita Pamer Celana Dalam Sambil Motoran, Videonya Hot Banget

Sejarahnya dimulai dari kisah seorang anak tuan tanah Belanda yang menginginkan sesuatu nama tidak tahu namanya. Sang anak kepada ibunya berusaha menyebutkan nama kue yang diinginkannya namun tidak tahu namanya dan menunjuk langsung pada sang penjual kue. 

Sang ibu pun memanggil si penjual kue dan memintanya untuk membuka tutup daun kelapa yang menutupi dagangannya. Setelah dibuka terlihatlah kue yang dimaksud sang anak dan ibunya spontan berkata kepada anaknya O that thung (O dat ting) yang artinya "o benda itu". Dan kemudian kue tersebut disebutlah Odading.

Odading termasuk kue makanan rakyat, bahannya sederhana dan mudah dijumpai di pinggir jalanan Kota Bandung. Menurut Executive Chef GH Universal Hotel Bandung kue satu ini menyerupai kue namun sedikit lembap di bagian dalamnya. 

Baca juga: Walikota Depok Longgarkan Jam Malam Hingga Pukul 21.00

"Odding ini adonannya memang seperti roti, tapi sering kali memasukan baking soda ke dalamnya supaya teksturnya ada seratnya dan bagian dalamnya sedikit lembap," kata  Menurut Executive Chef GH Universal Hotal Bandung.

Makanan satu ini viral di media sosial setelah dipromosikan melalui media video yang tersebar di media sosial oleh sosok Ade Londok. Dalam videonya  Ade begitu bersemangat mempromosikan Odading Mang Oleh.

"Odading Mang Oleh, rasanya seperti anda menjadi Iron Man. Belilah odading mang Oleh, didieu, karena kalau Anda teu ngadahar odading Mang Oleh, maneh teu gaul jeung aing. Lain balad aing, ucap berap-api Ade Lodok saat mempromosikan Odading Mang Oleh.


Sumber: Tribun


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30