Malam Satu Suro di Waduk Gajah Mungkur Dianggap Mistis dan Dipercaya Sebagai Hari Rayanya Para Arwah

Malam Satu Suro di Waduk Gajah Mungkur Dianggap Mistis dan Dipercaya Sebagai Hari Rayanya Para Arwah

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-14 20:27:10
Malam Satu Suro di Waduk Gajah Mungkur Dianggap Mistis dan Dipercaya Sebagai Hari Rayanya Para Arwah
Ilustrasi Malam Satu Suro (foto: Dream.co.id)

Tanggal 1 Muharram atau peringatan malam Satu Suro masyarakat Jawa menyebut jika malam tersebut merupakan malam keramat dengan berbagai mitos yang selalu mengiringinya.

Misalnya saja, pada malam 1 Suro tersebut akan mendatangkan kesialan bagi siapa saja yang mengadakan pesta atau perayaan saat itu.

Selain itu masyarakat juga mempercayai bahwa para arwah akan kembali ke rumah untuk mengunjungi keluarganya saat malam 1 Suro tiba.

Maka malam itu juga dikenal sebagai hari rayanya para arwah dan makhluk halus. Mengingat berkembangnya cerita ini sudah sangat pesat tempat dibuatkan film yang berjudul “Malam Satu Suro” serta dibintangi oleh Ratu film horor, Suzzana.

Ternyata ada sebuah kisah unik yang terjadi pada malam satu Suro di Wonogiri, Jawa Tengah. Berdasarkan cerita seorang warga bernama Syahroni, ia pernah hanyut dalam sebuah suasana romantis yang terjadi di tengah kuburan di Waduk Gajah Mungkur.

Saat itu dirinya  tidak sadar ditemukan oleh Seorang warga pada Waduk  yang telah mengering karena kemarau tersebut.

Kejadian ini ya ceritakan terjadi pada tahun lalu. Kemudian warga Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah Ini menceritakan pengalaman misterius yang ia alami pada Sabtu 8 September 2018 lalu.

Saat kejadian dirinya sedang memancing di Waduk tersebut. Namun bukannya ikan yang ia dapat dirinya justru ditemukan warga tidur sambil memeluk sebuah nissan dalam kondisi tanpa busana.

Mengejutkannya lagi, saat dibangunkan, Syahroni mengaku sempat hilang ingatan. Setelahnya dokter menyatakan jika dirinya mengalami dehidrasi.

Akan tetapi seseorang yang merupakan sesepuh desa mengatakan jika, Syahroni nyaris dibawa oleh roh penunggu kuburan di tengah Waduk Gajah Mungkur. Pernyataan sesepuh desa ternyata senada dengan pengakuan Syahroni. Ia mengalami kejadian berbau supranatural.

Ternyata ada sebuah mitos yang menyatakan jika sebuah makam akan tampak saat musim kemarau dan terlihat utuh. Makam tersebutlah yang  saat itu dipeluk Syahroni selama satu hari satu malam.

Syahroni mengatakan Jika ia bertemu dengan seorang perempuan muda selalu diajak berkeliling Desa hingga menginap di rumahnya.

Ia seolah mabuk cinta dengan sang Perempuan yang ditemuinya serta melupakan istri, 3 anak serta 5 orang cucunya. Perempuan muda itu mengaku bernama Nita yang seusianya.

Setelah sadar anaknya kemudian memaksa dirinya untuk segera berpakaian serta dipaksa pulang. Hingga saat itulah ia baru sadar jika telah menjadi seorang kakek yang memiliki banyak cucu. Padahal saat tidak sadar seolah sedang berusia 17 tahun dan berstatus lajang.

Dari keterangan sesepuh Desa Pokoh Kidul, konon Syahroni nyaris tak terselamatkan. Ia sebenarnya sedang diincar menjadi teman arwah gadis bernama Nita.

Wanita tersebut ternyata memilih gantung diri sebelum keluarganya melakukan transmigrasi karena menolak berpisah dengan sang kekasih. Jenazahnya ikut ditenggelamkan saat pembangunan waduk tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24