7 Manfaat Buah Pisang bagi Tubuh

7 Manfaat Buah Pisang bagi Tubuh

Dedi Sutiadi
2020-09-14 15:06:24
7 Manfaat Buah Pisang bagi Tubuh
Buah Pisang. (Pixabay)

Kandungan pisang terdiri dari berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat buah pisang bagi tubuh begitu banyak, mulai dari turunkan resiko stroke hingga atasi masalah pencernaan.  

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium.

Baca juga: Sederet Manfaat Air Rebusan Jahe dan Serai, Penangkal Kanker hingga Mampu Turunkan Berat Badan

1. Turunkan risiko stroke 


Kalium yang terkandung dalam buah pisang ternyata mampu menurunkan risiko stroke. Mengkonsumsi pisang bagi wanita lansia mampu menurunkan risiko stroke. Pernyataan ini bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.  

2. Sumber energi


Buah pisang juga menjadi sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Nutrisi yang terkandung dalam pisang juga membantu otot-otot tubuh bergerak dengan baik.

3. Sehatkan jantung


Manfaat buah pisang juga dapat mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

4. Sehatkan ginjal


Antioksidan yang ada di buah pisang dapat menangkal  kerusakan sel dan jaringan tubuh. Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal juga menjadi manfaat buah pisang.

5. Atasi sakit perut


Tidak hanya itu buah pisang juga bermanfaat untuk pencernaan. Beberapa manfaat buah pisang adalah, mengobati sakit perut, mengatasi konstipasi, hingga melengkapi program diet.

Baca juga: Fakta-fakta Makan Toge Bisa Buat Pria Lebih Subur

6. Cegah risiko kanker usus besar


Kandungan serat dan antioksidan dalam pisang juga dapat mengurangi resiko kanker usus besar. Karena, pisang dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Cemilan manis yang sehat


Menurut para ahli, pisang bisa menjadi camilan manis yang lebih sehat ketimbang biskuit. Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan camilan.


Sumber: AloDokter


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30