4 Cerita Mistis Menyeramkan Penjaga Rumah Milik Presiden Soeharto di Solo

4 Cerita Mistis Menyeramkan Penjaga Rumah Milik Presiden Soeharto di Solo

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-14 13:46:38
4 Cerita Mistis Menyeramkan Penjaga Rumah Milik Presiden Soeharto di Solo
Rumah Milik Presiden Soeharto di Solo (foto: Warta Kota)

Sebuah rumah milik Presiden Ke-2 RI Soeharto di Solo bernama Dalem Kalitan atau Ndalem Kalitan simpan cerita mistis. Pasalnya, selama bertugas bertahun-tahun di rumah Soeharto penjaga rumah ini bernama Toto kerap mengalami kejadian aneh.

Toto menjelaskan rumah Soeharto di Ndalem Kalitan sebelumnya adalah milik Ratu Alit. Rumah itu dirikan tahun 1918. Toto pun menceritakan empat kejadian di Rumah Soeharto yang berada di Ndalem Kalitan, Solo.

Baca Juga: Cerita Mistis Kuburan Motor Wangun Harja, Sering Terjadi Penampakan yang Menyeramkan

Kejadian aneh yang pertama, Toto bercerita pernah ada petugas jaga yang berasal dari aparatur negara mengalami kejadian aneh. Petugas itu tertidur, namun saat bangun dirinya sudah berpindah tempat dari lokasi dirinya tidur.

“Petugas yang tertidur, meski sambil duduk dan hanya sebentar, tiba-tiba setelah bangun sudah berada di tempat lain,” ujar Toto.

Dia mengatakan, tidak mungkin ada petugas atau temannya yang berjaga yang memindahkan petugas tersebut.

Baca Juga: Kisah Mistis Indah Murti Perias Jenazah, Mengaku Sering Dikentuti hingga Melihat Mayat Menangis

“Saya juga tidak tahu siapa yang kuat mengangkat petugas jaga yang tertidur itu,” ujar Toto.

Kejadian aneh yang kedua, Di Rumah Soeharto di Ndalem Kalitan, Solo, terdapat seperangkat gamelan yang diletakkan di ruang depan.

Gamelan itu biasanya dibunyikan saat ada acara-acara khusus. Tetapi, peristiwa aneh di rumah Soeharto terkait gamelan ini kerap terjadi.

“Gamelan ini sering berbunyi sendiri, terutama sekitar jam 02:00 dini hari,” kata Toto.

Bagi Toto, gamelan berbunyi sendiri bukan hal yang aneh lagi karena sangat terjadi, terutama saat dini hari. Gamelan berbunyi sendiri ini pun seperti memainkan irama atau nada-nada tertentu yang bisa menghanyutkan mereka yang mendengarkan.

Kejadian aneh ketiga, Toto bercerita, di suatu sore ada petugas keamanan di rumah Soeharto sedang memperbaiki senjatanya. Setelah senjata yang diperbaiki selesai, sangat petugas keamanan itu kemudian mencobanya. Rupanya, peluru yang keluar dari senjata itu tanpa sengaja mengenai burung gereja yang ada di sekitar rumah Soeharto.

Begitu burung itu terjatuh dan tewas, listrik di rumah Soeharto di Ndalem Kalitan, Solo, itu langsung padam. Toto pun berusaha menghubungi petugas PLN untuk memperbaiki. Petugas PLN yang datang langsung mengecek semua instalasi listrik yang ada di rumah Soeharto hingga malam hari.

“Petugas PLN nyerah, akhirnya kami gelap gulita malam itu sampai hari berikutnya,” ujar Toto.

Menurut Toto, sehari kemudian tanpa ada perbaikan dan lain-lainnya, tiba-tiba listrik di rumah Soeharto itu langsung menyala dengan sendirinya.

Kejadian aneh yang terakhir, Toto merasa aneh selama bertugas di Rumah Soeharto. Peristiwa itu terjadi saat dirinya memanggil tukang potong pohon untuk merapikan daun dan batang pohon yang sudah tua.

Toto bercerita, tukang gergaji yang datang ke rumah Soeharto itu seperti agak menganggap remeh saat memotong pohon-pohon yang ada.

Baca Juga: Dicap Paling Angker di Indonesia, Begini Kisah Mistis Makam Medelek di Jombang

“Karena dia agak sombong, tiba-tiba mesinnya mati. Tidak bisa dipakai. Setelah dibongkar, ternyata di dalam mesin ada potongan kayu besar,” ujar Toto.

Bukan Cuma itu saja, tukang potong pohon itu pun harus mengganti mata gergaji sampai 6 kali hanya untuk merapikan satu pohon mangga di rumah Soeharto. Semua peristiwa janggal di atas merupakan penuturan Toto dari pengalaman yang ia alami dan ia dapatkan.

Sumber: Wartakotalive.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24