5 Air Terjun yang Dekat dari Jakarta Dijamin Seger dan Buat Adem Pikiran

5 Air Terjun yang Dekat dari Jakarta Dijamin Seger dan Buat Adem Pikiran

Yuli Nopiyanti
2020-09-06 15:38:44
5 Air Terjun yang Dekat dari Jakarta Dijamin Seger dan Buat Adem Pikiran
Curug Parigi air terjun ini terletak di Kota Bekasi. (Foto:Dok.Instagram/curug.parigi)

Air terjun ini merupakan salah satu lanskap ciptaan Tuhan yang tentunya menarik banget untuk dikunjungi. Karena dengan berkunjung ke air terjun ini, pikiran kita bakalan jadi adem seolah tak ada beban yang kita pikul lagi.

Wisata air terjun bisa jadi pilihan bagi kamu yang suka akan wisata petualangan. Rata-rata lokasi air terjun butuh ditempuh dengan treking dan terbalas dengan pemandangan serta gemercik air yang segar. 

Ada beberapa air terjun yang jaraknya masih dapat dicapai pulang-pergi dari Jakarta. Dapat menjadi pilihan untuk berlibur akhir pekan. Berikut rekomendasi Correcto.id:

1. Curug Barong 


Masih satu lokasi dengan Curug Leuwi Hejo, sehingga pengunjung tidak perlu membayar biaya retribusi lagi. Berebda dengan Curug Leuwi Hejo yang menawarkan keindahan kolam, Curug Barong menawarkan curug dengan ketinggian sampai tujuh meter. 

Baca Juga: 5 Pantai di Bali, Eksotis dan Wajib Dikunjungi

Tekstur bebatuannya yang unik, air terjun yang tidak terlalu tinggi serta kualitas air yang masih teramat jernih membuat air terjun yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

2. Tujuh air terjun di Cilember 


Berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tempat ini ternyata menghadirkan obyek wisata alam bernama Curug Cilember. 

Ada tujuh air terjun berlokasi di spot yang berbeda-beda dan tentu dengan ketinggian yang beragam. Dari jeram yang pendek higga dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter tersedia di curug satu ini. 

Bagi wisatawan yang hendak menuju ke tempat ini tak perlu khawatir karena fasilitas di Curug Cilember sudah termasuk lengkap mulai dari MCK, pos jaga, hingga ruang informasi. 

Bahkan di lokasi Curug Cilember juga tersedia tempat untuk berkemah, di antara pohon pinus dan cemara.

3. Air Terjun (Curug) Leuwihejo


Air terjun Leuwi Hejo. Orang lokal lebih sering menyebut air terjun ini dengan nama Curug Leuwi Hejo. Sebagai tambahan saja, kata "curug" ini merupakan kata dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun.

Curug Leuwi Hejo ini merupakan salah satu air terjun yang punya ciri khas yang kece. Kolam di sekitar curug ini mempunyai kedalaman hingga 7 meter dan airnya pun terlihat kehijau-hijauan, namun masih tetap jernih. Di curug ini juga ada bebatuan yang berguna banget buat kamu yang pengen terjun ke kolam tersebut. 

Curug Leuwi Hejo ini terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor - Jawa Barat. Untuk mengakses curug ini, kalian bisa melewati jalan raya Sentul City sampai ke perempatan Jungle Land, setelah itu terus saja sampai bertemu plank "Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong" di sisi kanan jalan.

4.Curug Cikaracak


Curug Cikaracak Curug yang satu ini terletak di Desa Cinagara, Caringin, Bogor - Jawa Barat. Curug yang satu ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Curug Cikaracak ini sebenarnya memiliki dua air terjun dengan masing-masing ketinggian sekitar 40 meter dan 20 meter. Airnya sangat jernih hingga bisa diminum.

Untuk mengakses air terjun ini, kalian bisa melewati Jalan Raya Sukabumi sampai pertigaan Cinagara. Lalu masuk ke pertigaan tersebut dan jalan terus saja. 

Setelah itu, kalian harus menelusuri pesawahan dan hutan taman nasional lalu menyeberangi sungai hingga 3 kali sampai akhirnya sampai di Curug Cikaracak ini.

Baca Juga: Tips Mencegah Munculnya Kerutan di Area Mata Secara Alami

Bahkan Curug 7 ini memiliki lanskap yang lumayan memukau. Di samping curug utamanya yang lumayan tinggi, Curug 7 ini juga punya curug kecil yang hampir serupa dengan air terjun Niagara.

5. Curug Parigi


Curug Parigi. Untuk yang satu ini, mungkin kalian gak akan percaya kalau air terjun ini terletak di Kota Bekasi. Air terjun ini terletak di Bantargebang tepatnya di kali Cileungsi.

Bentuk air terjunnya sendiri lebih menyerupai air terjun Niagara yang tentunya tidak tinggi tapi melebar. Kondisi air terjunnya sendiri sebenarnya cukup indah jika tidak ada sampah bertebaran.

Untuk mengakses Curug Parigi ini, kalian harus melewati Jalan Raya Narogong terlebih dahulu. Setelah itu jika kalian datang dari arah Bekasi, kalian harus belok kanan ke Jalan Pangkalan 4 dan setelah itu terus saja. 


Sumber:Kompas/tribun/cnn


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24