Ini Penyebab Habis Makan Ngantuk, Berikut Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Habis Makan Ngantuk, Berikut Cara Mengatasinya

Dedi Sutiadi
2020-09-01 21:10:09
Ini Penyebab Habis Makan Ngantuk, Berikut Cara Mengatasinya
Ilustrasi mengantuk setelah makan

Merasa ngantuk setelah makan mungkin hampir dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bisa karena banyak faktor, diantaranya sebab konsumsi makanan atau minuman tertentu dan juga gaya hidup tidak sehat. Adapun cara untuk mencegahnya salah satunya adalah dengan mengindari penyebabnya.

1. Kurang olahraga

Tubuh yang kurang berolahraga ternyata menjadi salah satu faktor pemicu kantuk setelah makan. Hal tersebut bisa disebabkan karena kurang maksimalnya kerjsa sistem kardiovaskular pada tubuh hingga tubuh merasa cepat lelah.

Maka, agar tubuh lebih bugar dan tidak cepat lelah olahraga sangat dianjurkan. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki di halaman rumah, naik turun tangga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, ringan yang penting rutin seperti 15 menit dalam sehari akan sangat penting bagi tubuh.  

Baca juga: Pengaruh Kata Anjay pada Anak, Bernakah Berdampak Buruk?

2. Tubuh tidak sehat

Kondisi tubuh yang tidak sehat ternyata sangat berpengaruh pada munculnya rasa kantuk setelah makan. Hal tersebut disebabkan kodisi yang mudah lelah sehingga cepat merasa mengantuk setelah melakukan aktivitas termasuk aktivitas makan. 

Adapun beberapa penyakit atau gangguan kesehatan dalam tubuh yang berdampak pada rasa kantuk setelah makan diantaranya diabetes, anemia, hipotiroidisme, dan intoleransi makanan. 

Jika kantuk selalu datang setelah makan dengan kondisi tubuh yang dirasa tidak sehat maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa jadi beberapa penyakit tersebut menghinggapi tubuh dan harus segera mendapat penanganan dokter.

3. Konsumsi makanan dan minuman pemicu kantuk

Beberapa jenis makanan juga ternyata bisa memicu kantuk setelah dimakan. Beberapa jenis makan tersebut umumnya mengandung kadar protein yang tinggi sepeti telur, bayam, tahu, keju, kedelai, dan ikan. 

Baca juga: Tips Melembabkan Kulit di Sekitar Mata 

Adapun makan lainny yang bisa memicu rasa kantuk setelah mengkonsumsinya adalah pisang sebab mengandung kalium dan magnesiumnya yang dapat melemaskan otot, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk. 

Sebab itu cara paling mudah untuk menghindari kantuk dari mengkonsumsi makanan pemicu kantuk adalah dengan cara menghindari makanan tersebut. Dan tentunya juga menjalani hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan rutin berolahraga. 


Sumber: Alodokter


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30