Kisah Misteri Keblek, Makhluk Jadi-jadian yang Melegenda di Kalangan Masyarakat Jawa

Kisah Misteri Keblek, Makhluk Jadi-jadian yang Melegenda di Kalangan Masyarakat Jawa

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-25 15:00:00
Kisah Misteri Keblek, Makhluk Jadi-jadian yang Melegenda di Kalangan Masyarakat Jawa
Ilustrasi Keblek (foto: Yukepo.com)

Keblek merupakan legenda yang cukup tersohor di kalangan masyarakat Jawa. Nama tersebut adalah sebutan bagi burung yang dipercaya merupakan makhluk jadi-jadian. Beberapa orang bahkan percaya jika kehadiran burung Keblek merupakan pertanda jika orang di sekitar atau saudara akan ada yang meninggal.

Bukan berarti burung tersebut adalah si pencabut nyawa, tidak. Sebagian orang percaya jika burung tersebut hanya menyampaikan kabar. Namun, kepercayaan tersebut harusnya tidak dipertahankan.

Baca Juga:

Kisah Misteri Kalomba dan Topeule, Makhluk Gaib yang Tenar di Sulteng

Kisah Misteri Burung Robin, Kehadirannya Pertanda Kematian atau Pembawa Keberuntungan

Deretan Kisah Mistis dari Warga saat Berada di Situ Burung Bogor

Kehadiran Keblak diyakini masyarakat memiliki tanda khusus. Seperti suara-suara khas, kepakan sayap yang berbunyi bleg, bleg, bleg. Suara tersebut juga terdengar seperti langkah kaki yang dihentakkan dengan kuat.

Dan dari suara tersebut pula masyarakat kerap menjuluki makhluk tersebut dengan sebutan Keblek. Konon, burung Keblak akan mengitari rumah di mana orang akan meninggal untuk menyampaikan kabar duka.

Cerita sosok Keblak sudah menjadi legenda yang tergambar jelas dalam ornamen beberapa candi di Indonesia. Dalam cerita wayang kuno, sosok Keblak kerap digambarkan sebagai informan terpercaya karena sosoknya yang netral dan tidak terikat dengan makhluk lain.

Menurut beberapa sumber, sosok Keblak memiliki wujud seperti ayam jago, kalkun, kelelelawar yang memiliki warna hitam pekat yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

Anehnya, masyarakat memiliki keyakinan yang berbeda atas burung tersebut, ada yang mempercayai burung tersebut adalah siluman dengan wujud yang mengerikan. Sebagian yang lain menganggap Keblak adalah sosok garuda gaib, seperti yang tergambar dalam cerita jawa kuno.

Keberadaan sosok Keblak yang merupakan si pemberi kabar rupanya tak sepaham dengan beberapa masyarakat. Karena sebagian menganggap jika Keblak merupakan burung gaib yang merupakan bangsa siluman dan perannya sebagai pesugihan. Konon, makhluk tersebut diberi tugas untuk mencuri beras atau uang untuk tuannya.

Ada yang percaya bahwa seseorang yang berhasil menangkap makhluk tersebut, dan tetap membiarkannya hidup, tak berselang lama akan ada seseorang yang datang untuk menebusnya dengan imbalan yang besar. 

Baca Juga:

Deretan Cerita Mistis dari Penjaga di Museum Perjuangan Bogor, Salah Satunya Pernah Didatangi Arwah Margonda

Cerita Misteri Monyet Putih Sebagai Perantara Seseorang yang Melakukan Ritual di Curug Cigamea Bogor

Cerita Misteri Situ Cikaret di Bogor, Dipercaya Dihuni 12 Makhluk Gaib

Namun jika si penangkap membunuh si Keblak, dipercaya bahwa si pemilik juga ikut mati. Meski demikian, untuk menangkap makhluk Keblak tersebut bukan hal yang mudah, sebab sosok gaib tentu saja memiliki kemampuan untuk menghilang. Dibutuhkan orang yang ahli untuk menangkap binatang gaib ini.

Sumber: Boombastis


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24