Cerita Misteri Situ Cikaret di Bogor, Dipercaya Dihuni 12 Makhluk Gaib

Cerita Misteri Situ Cikaret di Bogor, Dipercaya Dihuni 12 Makhluk Gaib

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-24 21:00:00
Cerita Misteri Situ Cikaret di Bogor, Dipercaya Dihuni 12 Makhluk Gaib
Situ Cikaret di Bogor (foto: Wikipedia)

Situ Cikaret di Kabupaten Bogor bagian utara yang berbatasan langsung dengan Depok merupakan sebuah danau yang begitu kental dengan cerita miteri. Tidak jarang warga mengakui Situ Cikaret ini sangat angker.

Abah Tabroni selaku Juru Kunci Setu Cikaret menuturkan bahwa, awal mula dibuatnya Setu ini yakni dibuat pada zaman Belanda, dibuat oleh masyarakat dengan sistem kerja paksa yang dibuat oleh para penjajah Belanda.

Baca Juga:

Terkenal Angker! Begini Deretan Cerita Mistis dari Warga di Kandang Menjangan Jogja

Deretan Cerita Mistis dari Warga di Benteng Vredeburg, Salah Satunya Melihat Penampakan Noni Belanda Berkaki Kuda

5 Mitos di Kampus UGM, Salah Satunya Mitos Dilarang Foto di Depan Gerbang Utama

Situ ini dapat dikatakan sebagai Setu terbesar Se-Jawa Barat, dengan luas Setu yakni 29 hektar. Abah Tabroni mengatakan  danau ini dijaga oleh 12 penghuni (makhluk tak kasat mata) salah satunya dan dituakan adalah Mbah Muhidin. Kekuasaan 12 penghuni ini mulai dari Bogor sampai dengan Jatinegara. 

Seorang pria Baba Jen  juga menceritakan beberapa kejadian mistis di Situ Cikaret. Seperti salah satunya sebuah mitos terdapatnya ikan raksasa yang menghuni situ tersebut. “Mitosnya ada ikan sangat besar yang pernah menabrak perahu, ada juga 12 mahluk halus penjaganya,” tuturnya.

Beberapa cerita mistis lainnya juga sempat dirasakan oleh pedagang dan warga setempat. “Iya pernah denger, teman saya juga katanya ada yang pernah lihat kuntilanak malam-malam padahal dianya cuma lewat jalan aja,” kata salah satu pengunjung, Agus.

Tak jarang beberapa pengendara tak berani melewati area situ ini di malam hari, selain suasananya yang sepi juga di area situ sangat minim penerangan. Diketahui beberapa penunggu gaib juga menghuni setu tersebut seperti Mbah Gagu dan Maun di pinggiran situ. Bahkan ikan-ikan yang ada di situ juga kerap dijadikan mitos.

Mitos-mitos inilah yang dikaitkan dengan tewasnya wisatawan di situ 2014 lalu. Alhasil, keangkeran situ ini semakin merebak. Tak hanya itu konon situ ini juga menjadi tempat persembunyian istana megah di dasarnya. Meski demikian dari beberapa pengalaman mistis ternyata area situ seluas 29 hektare ini, ternyata Situ Cikaret masih diminati oleh para pengunjung untuk bersantai.

Baca Juga:

8 Area yang dianggap Angker di Kampus UGM, Salah Satunya di Area Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Bundaran Teknik UGM Menyimpan Mitos Dilarang Menyanyikan Lagu Gugur Bunga, Ini yang akan Terjadi Bila Dilanggar

Kisah Mistis Mantan Jurnalis di Kraton Yogyakarta, Mengaku Melihat Banyak Makhluk Gaib

Baba Jen hanya berpesan apabila ingin berkunjung ke Situ Cikaret ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar, supaya beberapa hal mistis tidak terjadi kembali. “Yang penting kalau berkunjung jangan sombong, jangan asal bicara kasar dan jangan lupa mengucap salam sebagai salah satu cara untuk menghargai penghuni yang ada di sana,” ungkap pria berusia 71 tahun tersebut.

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30