Identik dengan Kematian, Keranda Mayat Kerap Dianggap Benda Keramat Penuh Mitos

Identik dengan Kematian, Keranda Mayat Kerap Dianggap Benda Keramat Penuh Mitos

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-23 11:00:00
Identik dengan Kematian, Keranda Mayat Kerap Dianggap Benda Keramat Penuh Mitos
Keranda (foto: IST)

Beragam mitos di tengah masyarakat, dari bunyi keranda, aroma wangi hingga mimpi konon jadi pertanda akan adanya kematian. Sudah digunakan sejak dahulu kala, keranda jadi kendaraan terakhir yang mengantarkan kita ke peristirahatan terakhir.

Meski sudah tak asing lagi, tapi keranda mengalirkan sederet mitos yang masih hidup di tengah masyarakat. Peristiwa tak lazim yang hadir dari keranda, dianggap sebagai sebuah pertanda akan datangnya kematian. 

Baca Juga:

Cerita Mistis Petugas di Puspemkot Serang, dari Mengaku Dihuni Berbagai Makhluk Gaib hingga Pinsan Melihat Wewegombel

Cerita Mistis Seorang Paranormal saat Menemukan Benda Rantai Bumi

Sumur Kadu di Serang, Menyimpan Mitos dapat Meningkatkan Aura

Lalu, seperti apa mitos soal keranda ini? Simak ulasannya berikut.

1. Bunyi Berisik Keranda, Tanda Kematian Datang

Seumpama kamu mendengar suara-suara berisik di ruang yang di dalamnya menyimpan keranda, maka hal tersebut dipercaya sebagai lonceng kematian. Maksudnya, akan ada orang yang meninggal tak lama lagi. Agak konyol memang, tapi yang semacam ini cukup sering terjadi. 

2. Mitos Mimpi Tentang Keranda

Meski menjadi benda biasa yang kerap dijumpai dan lazim digunakan seat ada yang meninggal dunia, tapi keranda tetap menjadi hal cukup menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi ketika kisah tentang keranda hadir lewat mimpi, walau dianggap sebagai bunga tidur, tapi mimpi keranda memiki mitos tersendiri. 

Konon mimpi yang berbau keranda, dianggap sebagai pertanda hal buruk dari adanya kematian yang akan datang, mitos hadirnya kesusahan lain seperti sulit mendapat rezeki, hingga soal jodoh pun kerap disangkutpautkan. 

Tapi ada pula sebagain orang yang menganggap bahwa mimpi keranda justru bermakna kebalikan tentang diberikannya umur panjang.

3. Keranda Terbang 

Dikatakan ketika melihat keranda terbang, maka sama halnya seperti mendapati burung gagak di rumah orang. Ya, itu jadi pertanda akan datangnya kematian. Yang lebih menakutkan adalah seumpama keranda ini tiba-tiba muncul di depan rumah, maka hal tersebut diyakini sebagai panggilan kematian untuk salah satu penghuninya. 

4. Adanya Bebauan Khas dari Keranda

Mitos tentang keranda lainnya hadir lewat bebauan khas dari beragam bunga serta kapur barus yang digunakan. Hal ini sudah menjadi hal yang lazim dalam prosesi penyelenggaran jenazah. Wangi-wangian khas dengan aroma kental tersebut, biasanya tercium indra kita saat hadir saat melayat atau pada prosesi pemakaman. 

Tapi ketika tak ada penyelenggaran jenazah dan bau-bau ini muncul secara misterius, konon juga dianggap sebagai salah satu pertanda akan adanya kematian.

Baca Juga:

4 Area Mall Klender yang Dianggap Angker oleh Seorang Karyawan

Deretan Kisah Mistis Mall Klender dari Warga, Salah Satunya Terlihat Orang Berjalan Badannya Setengah Terbakar

Jarang Orang Tahu! ini Kisah Mistis saat Menjelang Pemakaman Soeharto di Astana Giribangun

4. Jangan Pernah Mencoba Tidur di Atas Keranda

Keranda yang identik dengan kematian, seakan membawa pantangan untuk menjadikannya bahan candaan, tapi sedikit yang berani dan mencoba tidur diatas keranda itu sendiri. 

Mitosnya, jika berani melakukan hal itu, konon akan ada peristiwa tak diinginkan terjadi. Salah satu mitosnya adalah orang yang berani tidur diatas keranda, akan dihantui peristiwa menakutkan sepanjang hidupnya. 

Meskipun mitos-mitos soal keranda ini begitu kuat, namun pada akhirnya keputusan untuk mempercayainya kembali ke masing-masing orang. Tapi, terlepas dari apakah kita percaya atau tidak, ada baiknya kita memandang lain benda ini. Maksudnya dengan menganggap benda ini tak hanya sebagai seonggok barang mati, melainkan pengingat kita akan kematian. Dengan begitu, mungkin kita akan selalu bisa tersadarkan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30