Makna Kemerdekaan Indonesia: Merdeka Bukan Akhir dari Perjuangan

Makna Kemerdekaan Indonesia: Merdeka Bukan Akhir dari Perjuangan

Yuli Nopiyanti
2020-08-16 10:27:26
Makna Kemerdekaan Indonesia: Merdeka Bukan Akhir dari Perjuangan
Ilustrasi bendera Indonesia (Foto:Dok.Pixabay)

Pada tanggal 17 Agustus Indonesia akan memasuki 75 tahun kemerdekaan. Merdeka dari penjajahan yang dilakukan negara lain selama berabad-abad lamanya. Tak hanya itu saja bahkan Merdeka juga bukan akhir dari Perjuangan.

Tak hanya itu saja bahkan menjaga keutuhan NKRI juga dapat diartikan sebagai wujud terima kasih kita kepada pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Banyak kalangan yang berusaha dengan hidup dan mati mereka, agar bendera Merah Putih dapat berkibar dari Sabang sampai Merauke, di antara mereka adalah tokoh agama, masyarakat, tentara, hingga masyarakat biasa.

Baca Juga: Fakta-fakta Perayaan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemi Covid-19 ada Sederet Hal Baru

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya kemerdekaan Indonesia ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan, yang dibacakan oleh Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, pada 17 Agustus 1945.

Namun, proklamasi kemerdekaan itu bukan akhir dari perjuangan kita bagi bangsa ini. Masih banyak yang perlu dilakukan agar Indonesia dapat makmur pada segala aspek.

Namun tak hanya itu saja pasalnya arti sebuah kemerdekaan bangsa Indonesia itu sendiri. Tidak hanya ikut merayakan, makna penting dari kemerdekaan Indonesia Simak yuk!

Merdeka bukan berarti akhir dari sebuah perjuangan

Pasalnya sejarah panjang para pejuang kemerdekaan yang membebaskan Indonesia dari cengkraman penjajah tentu bukanlah sebuah hal yang dianggap remeh.

Keringat, tenaga hingga nyawa dipertaruhkan demi yang namanya sebuah kemerdekaan. Namun perlu kamu ketahui kita sebagai generasi saat ini tentu tidak bisa duduk santai menikmati hasil dari para pejuang.

Tak hanya itu saja bahkan justru kita mengemban tugas yang lebih berat yaitu mempertahankan dan mengembangkan hasil yang diperoleh oleh para pejuang.

Moment Pemersatu Bangsa

Bahkan Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang telah diusahakan oleh pahlawan kita terdahulu, dapat dijadikan sebagi momen untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, orang-orang yang merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan selalu berteriak 'Aku Indonesia!'.

Dengan hal itu dapat kita lihat bahwa kemerdekan bangsa ini dapat dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa, yang dapat menyingkirkan perselisihan dan perbedaan untuk kepentingan NKRI.

Pentingnya rasa saling menghormati dan menghargai

Namun tak hanya itu saja pasalnya makna sejati kemerdekaan Indonesia salah satunya adalah adanya rasa saling menghormati dan menghargai.

Baik itu terhadap sesama masyarakat Indonesia ataupun dunia. Dan yang utama yaitu para pahlawan yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia adalah bukti bahwa masyarakat Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya mungkin hal ini sering dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Kita terlalu sibuk dengan adu opini dan hal-hal yang sering membuat masyarakat kita sendiri merasa lebih rendah dari masyarakat negara lain. 

Baca Juga: Fakta-fakta 150 TNI Dikirim ke Poso, Buru Kelompok Teroris MIT

Tapi tahukah kamu, kemerdekaan Indonesia adalah sebuah bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang hebat.

Terlepas dari berbagai permasalahan yang melanda bangsa ini. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus yakin bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Titik di mana perjuangan akan lebih berat kedepannya

Kata siapa perjuangan kita saat ini telah berakhir dalam proses mencapai kemerdekaan. Walaupun kemerdekaan dari penjajah sudah kita raih. Kemerdekaan yang sebenarnya telah menanti kita kedepannya.

Kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur dan berlandaskan Pancasila tentu bukan tugas yang mudah di era globalisasi saat ini.



Sumber:Kompas,Bola.com,Idntimes,indozone


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24