Pariwisata Wakatobi di Sulawesi Tenggara masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia atau API kategori Branding Pariwisata Terpopuler 2020. Dengan Branding 'Wakatobi World Marine Heritage'.
Tak hanya itu saja bahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar mengatakan Kementerian Pariwisata memberikan kesempatan bagi daerah pemilik destinasi wisata untuk melakukan promosi sesuai kategori dan nominasi.
Baca Juga: Bikin Bulu Kuduk Merinding! Ini 3 Makhluk Misterius yang Konon Dipercaya Menghuni Gunung Lawu
"Kementerian Pariwisata melalui program jalan-jalan memberi ruang bagi daerah pemilik destinasi pariwisata untuk berpromosi sesuai kategori," kata Nadar di Kendari, Sabtu 8 Agustus 2020.
Namun tak hanya itu saja pasalnya Pariwisata Wakatobi masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia atau API 2020 dengan branding 'Wakatobi World Marine Heritage'.
Tak hanya itu saja bahkan diketahui bahwa Wakatobi bersaing dengan beberapa branding pariwisata daerah lain di Indonesia.
Di antaranya City of Music Kota Ambon Maluku, Explore Jambi, Kaltim Paradise of The East, Riau The Homeland of Melayu, Bali The Island of Gods, Sleman The Living Culture, Lampung The Treasure of Sumatera, Wonder Riau Islands dari Kepulauan Riau, dan Authentic Minangkabau kategori Brand Pariwisata dari Tanah Datar.
Bahkan 'Wakatobi World Marine Heritage', menurut Nandar ini sebagai identitas pariwisata derah yang mengambarkan kekuatan destinasi serta representasi dari Unique Selling Point (Faktor Pembeda) yang tidak dimiliki oleh daerah lain.
"Dalam siluet itu ada simbol tari Lariangi yang menggambarkan aspek kultur, kemudian gambar perahu adalah simbol kekuatan kita sebagai kabupaten maritim," ujar Nadar.
Baca Juga: 3 Heli Bom Air Dikerahkan Akibat Karhutla di Dekat Tol Palembang-Indralaya
"Gambar karang sebagai simbol keragaman hayati di bawah laut, serta gambar kaki katak (Fin) dive itu lebih kepada core activity utama pariwisata Wakatobi dalam hal ini wisata selam (diving)," lanjutnya.
Bahkan Nadar juga berharap bahwa dengan masuknya branding pariwisata ‘Wakatobi World Marine Heritage’, sebagai nominator API kategori branding pariwisata terpopuler tahun 2020, nilai promosi dari branding dan pariwisata Wakatobi bisa lebih terekspos.
Sumber:Antara,Kumparan