Correcto - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Ilustrasi penyembelihan hewan qurban.

Ini Cara Nabi Muhammad Menyembelih Qurban

Penyembelihan hewan qurban dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Dan Nabi Muhammad Saw. telah memberikan contoh cara menyembelih henwan qurban sesuai syariat Islam.

Hewan kurban Nabi Muhammad biasanya adalah kambing kibasy bertanduk, jantan, dan berwarna putih hitam namun lebih dominan warna putihnya. Sehat tidak cacat dan berumur 2 tahun.

“Nabi menyembelih dua ekor kambing belang (putih hitam) dan bertanduk, lalu beliau membaca basmallah dan bertakbir. Sungguh aku telah melihat beliau menyembelih hewan kurbannya dengan tangannya sendiri sambil meletakkan kakinya di atas leher hewan kurbannya”. (HR. Ibnumajah).

Ketika Nabi Muhammad Saw menyembelih lalu menyebutkan ( بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّى وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِى ).

Baca juga: Tidak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Pelihara Ikan Cupang yang Jarang Diketahui

“Saya menghadiri salat Idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhotbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku." (Jabir bin ‘Abdillah RA.).

Baca juga: Keren! Negara Ini Punya Tradisi Unik Memandikan dan Menghias Hewan Kurban Sebelum Disembelih

Sumber: Muslimah.or.id



Tag :

Cara Menyembelih hewan qurbanCara menyembelih hewan qurban sesuai sunnahCara Nabi Muhammad Menyembelih QurbanMenyembelih Qurban

Artikel Terkait :

  • Kindisi Terkini Gunung Sinabung yang Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik 4.200 Meter

  • 2 Versi Cara Megatasi Kerasukan Setan, Salah Satunya Versi Ki Geni

  • Kisah Mistis Intan saat Mendaki Gunung Salak, Dihantui Pocong hingga Hantu Pramugari

  • Kenali 4 Jenis Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya


  • Share to: