Correcto - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Ilustrasi

Ini 6 Makna Perayaan Hari Raya Idul Adha

Hari ini, umat Islam merayakan hari besar yaitu Hari Raya Idul Adha. Hari yang diidentik dengan kurban ini mempunyai ciri khas tersendiri. Perlu diketahui, ada makna-makna yang terdapat dalam perayaan Idul Adha ini. Yuk simak!

1. Semangat Berbagi untuk Sesama

Di hari ini, umat muslim akan memotong hewan yang disebut hewan qurban. Dari hewan daging yang dipotong akan dibagikan Dari daging itulah kita akan berbagi dan sama-sama merasakan kebahagiaan dengan tetangga.

2. Memberikan Pengorbanan

Seperti sejarahnya, di Hari Raya Idul adha ini Nabi Ibrahim a.s. yang diminta Allah SWT untuk mengorbankan anaknya Nabi Ismail a.s. dan kemudian diganti oleh Allah SWT dengan domba. Dari situ bisa dilihat pengorbanan demi keimanan itulah esensinya.

3. Memberikan Keikhlasan

Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Dengan ikhlas, ujian seberat apapun Insya Allah akan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT. 

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Kata qurban dalam bahasa Arab yaitu Quraba yang artinya dekat. Makadari itu, di Hari Qurban ini adalah hari pendekatan diri kepada Sang Pencipta.

5. Silaturahmi

Pada Hari Raya Idul Adha, terdapat tradisi mengunjungi sanak saudara. Interaksi dengan tetangga dan kerabat dapat terjalin ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban. 

Baca juga: Keren! Negara Ini Punya Tradisi Unik Memandikan dan Menghias Hewan Kurban Sebelum Disembelih

6. Segalanya Milik Allah SWT

Semua harta benda yang dimiliki sejatinya adalah milik Allah SWT. Melalui perayaan Idul Adha, umat muslim menyadari bahwa apa yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT.

Baca juga: Tidak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Pelihara Ikan Cupang yang Jarang Diketahui


Sumber: Kitabisa.com



Tag :

Makna Idul AdhaMakna Perayaan Idul AdhaIdul Adha

Artikel Terkait :

  • CFD di Bekasi Dihentikan, Rahmat Effendi: Kasus Positif Meningkat

  • Kindisi Terkini Gunung Sinabung yang Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik 4.200 Meter

  • Kronologi Oscar Lawalata Putuskan Jadi Perempuan: Ini Bukan Keputusan Mudah

  • Resmi Ditahan Kini Muncul Petisi Bebaskan Jerinx SID


  • Share to: