Ini Fakta, Soal Peta Palestine Hilang dari Google Map

Ini Fakta, Soal Peta Palestine Hilang dari Google Map

Yuli Nopiyanti
2020-07-19 14:59:49
Ini Fakta, Soal Peta Palestine Hilang dari Google Map
Tangkapan layar Google Maps. Palestina hilang dari peta Google Maps. (Foto:Dok.Istimewa)

Pasalnya di ketahui bahwa tengah ramai dan beredar isu yang menjadi viral dalam media sosial Twitter baru-baru ini dengan menyebut wilayah Palestina hilang dari Google Maps.


Dalam detailnya, pengguna Twitter itu membagikan tangkapan layar Google Maps yang menunjukkan garis besar peta dengan label untuk 'Tepi Barat dan Jalur Gaza.


"Google dan Apple telah secara resmi menghapus Palestina dari World Maps. Hari ini Palestina dihapus dari peta besok Palestina akan dihapus dari dunia," demikian bunyi klaim dari pengguna Twitter @_graveyardd.


Baca Juga: Indonesia Bantu Palestina Senilai Rp. 36.5 Miliar Untuk Urusi Pengungsi

Lantas saja, unggahan bernada sensitif itu langsung mengundang amarah netizen karena keingintahuan mereka akan alasan Google menghapus wilayah Palestina.


Lebih dari itu, isu Google menghapus wilayah Palestina ini bertepatan dnegan kabar Presiden Israel Benjamin Netanyahu yang sedang merencakanan pencaplokan Tepi Barat.


Baca Juga: Fakta Misterius Apps Randonautica, Heboh di TikTok sampai Dibahas Nessie Judge


Melansir dari Arab News, saat itu Google sudah memberi klarifikasi bahwa nama Palestina memang tidak pernah ada di Google Maps.


“Tidak pernah ada label 'Palestina' pada Google Maps, tetapi kami memang mendapati ada bug yang menghilangkan label 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza'. Kami bekerja dengan segera agar label-label ini kembali ke area itu,” demikian keterangan pihak Google dalam pernyataan pada Arab News.


Baca Juga: 84 Lokasi Ini Akan Gelar Pemantauan Hilal Penetapan Awal Zulhijah 1441 H



Tak hanya itu saj abhakan dilansir dari ANTARA, berita peta Palestina yang hilang dari peta dunia sebenarnya bukan hal yang baru, pada 10 Agustus 2016, situs daring theguardian.com merilis sebuah artikel berjudul "Google Maps accused of deleting Palestine - but the truth is more complicated" (Google Maps dituduh menghapus Palestina - tetapi kenyataanya lebih rumit).


Pada November 2012, Palestina diakui sebagai negara berdaulat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan 136 negara anggotanya. Tapi, Amerika Serikat yang menjadi lokasi kantor pusat Google dan Apple tidak mengakui Palestina.


Sumber: Antaranews.com,pikiranrakyat.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30