Correcto - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Ilustrasi Wisata lawang sewu Semarang (Foto:Dok.Istockphoto)

Setelah Sempat Ditutup Karena Covid-19, Lawang Sewu Kembali Dibuka Untuk Wisatawan

Virus corona sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia hal ini mmebuat bebrapa wisata harus di tutup demi mencegah penyebaran covid-19 tersebut, namun ada kabar gembira pasalnya setelah sepmat di tutup empat bulan akibat pandemi, wisata Lawang Sewu Semarang akhirnya kembali dibuka. Lengkap dengan konsep New Normal.

"Hari ini kita tanda tangani rekomendasi operasional objek wisata salah satunya Lawang Sewu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari di Lawang Sewu, Kamis 9 Juli 2020.

Bahkan tak hanya itu saja lawang sewu juga akan menggunakan konsep baru yaitu menggunakan tiket yang di-scan di pintu masuk. Pembayaran bisa dilakukan cashless bahkan bisa dipesan sebelumnya. Cek suhu tubuh, tempat cuci tangan dan juga hand sanitizer menjadi hal wajib.

Baca Juga: Kabar Gembira! Wisata Bali untuk Turis Lokal Dibuka Bulan Ini

"Saya lihat kemampuan petugas sudah siap ingatkan soal social distancing. Di sini kan kebanyakan kegiatannya outdoor," ujarnya.

Bahkan lebih lanjut Indri juga mengatakan bahwa Lawang Sewu, sudah melakukan uji coba sehingga melihat kelayakannya maka diputuskan untuk dibuka. Hingga saat ini sudah ada 54 tempat wisata dan tempat hiburan yang mendapatkan izin.

"Sekarang sudah 134 yang ajukan izin termasuk tempat hiburan. Yang di-acc 54 lokasi, rata-rata tempat hiburan, tempat wisata masih beberapa," jelasnya.

Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono mengatakan, pengelola juga menyiapkan ruang medis yang bisa digunakan untuk isolasi sementara jika ada pengunjung demam. Ruangan medis itu ada di gedung C.

"Ini digunakan untuk transit sampai ada penjemputan ambulan. Kita juga siapkan APD. Petugas juga sudah dibekali kemampuan untuk penanganan pertama," kata Totok.

Baca Juga: Pemkab Tasikmalaya Umumkan Satu Warga Positif, Setelah Sebulan Nihil Kasus

Bahkan Ia juga menjelaskan, bahwa untuk jumlah pengunjung dalam satu waktu dibatasi tidak boleh lebih dari 3.000 orang karena kapasitasnya sekitar 7.000 orang untuk indoor dan outdoor.

"Pembatasan jumlah dalam waktu bersamaan. sekitar 3.000 orang," tandasnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk jam operasional Lawang Sewu, selama masa pandemi akan dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB dengan harga tiket yang masih sama yaitu Rp 10 ribu. Pintu masuk ditukar dengan pintu keuar yaitu pintu masuk sekarang dari Jalan Pemuda.


Sumber:Detik.Com



Tag :

WisataLawang SewuSemarangcovid-1Virus coronaoperasional objek wisatakonsep baruProtokol KesehatanNew Normal

Artikel Terkait :

  • Profil Nadia Raisya Pacar Abidzar Al Ghifari, Bakal Dinikahi Umur 19?

  • Perusahaan Diminta Lengkapi Data Pekerja Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

  • Menaker: BPJS Ketenagakerjaan Bertanggung Jawab atas Data Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

  • Sososk Elkan Banggott Punya Tiga Target bersama Timnas Indonesia U-19


  • Share to: