Gunung Gede di Bogor, Menyimpan Mitos Tempat Bangsa Jin, Benarkah?

Gunung Gede di Bogor, Menyimpan Mitos Tempat Bangsa Jin, Benarkah?

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-30 18:05:09
Gunung Gede di Bogor, Menyimpan Mitos Tempat Bangsa Jin, Benarkah?
Gunung Gede (foto: subpacker.blogspot.com)

Gunung Gede merupakan salah satu gunung aktif yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.958 Mdpl.

Gunung yang terakhir meletus pada tahun 1957 ini punya kondisi alam yang masih sangat asri dan dikelilingi oleh hutan pegunungan yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna.

Selain itu, keanekaragaman ekosistem alam yang khas, Gunung Gede menjadi salah satu laboratorium alami yang banyak digunakan sebagai objek penelitian.

Baca Juga: Curug Panjang di Bogor, Menyimpan Misteri Keberadaan Pintu Menuju Kerajaan Dunia Lain

Gunung Gede termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango yang pada tahun 1977 telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO dan juga sebagai Sister Park dengan Taman Negara.

Dibalik itu semua, Gunung Gede ini menyimpan mitos yang membuat bulu kuduk merinding. Kenapa tidak, dikutip dari berbagai sumber, masyarakat sekitar meyakini bahwa Pangeran Suryakencana masih bermukim di sekitar Gunung Gede dan menjadi penguasa bangsa jin.

Beberapa pendaki yang berada di sekitar Alun-alun Suryakencana juga seringkali mendengar derap suara kaki kuda yang diyakini sebagai pasukan jin yang tengah mengawal Pangeran Suryakencana.

Dikutip dari berbagai sumber, Pangeran Suryakencana merupakan putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar yang beristrikan putri jin, Aria Wiratanudatar adalah pendiri kota Cianjur. Sedangkan Pangeran Suryakencana memiliki dua orang putra, yaitu Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi.

Baca Juga: Wah! Sejuknya Curug Mariuk di Balik Bukit Masigit Bogor

Nah, bila Anda ingin mendaki Gunung Gede tetap jaga sikap dan selalu sopan ya Guys. Dan tetap berdoa kepada Maha Kuasa meminta perlindungan agar perjalanan kamu lancar terhindar dari gangguan mistis.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30