Industri harus mencari cara agar lolos dari lubang jarum krisis akibat pandemi. Strategi untuk meningkatkan penjualan pun digalakkan, salah satunya memanfaatkan platform digital. Seperti diketahui, selama pandemi penggunaan internet oleh masyarakat meningkat.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat adanya peningkatan penggunaan internet sekitar 30 hingga 40 persen selama diberlakukannya sistem kerja dan belajar dari rumah.
Baca Juga: 5 Panduan Naik MRT Jakarta di Tengah Pandemi Tanpa Ribet
Peluang ini sejatinya bisa dimanfaatkan secara optimal oleh industri untuk melakukan akselerasi penjualan produk mereka.
Contohnya saja PT Honda Prospect Motor (HPM). Agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia ini mengubah fokus penjualan dari offline ke online setelah pembatasan aktivitas di luar rumah diberlakukan.
Hingga Juni 2020, pembelian online untuk mobil Honda telah mencapai lebih dari 25 persen dari seluruh total angka penjualan di Indonesia.
Baca Juga: Dimasa Transisi New Normal, Digitalisasi Jadi Solusi Kedai Kopi
Dalam program ini, setiap pembelian online Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda HR-V, konsumen akan mendapatkan “New Normal Package Value” hingga Rp 15 juta. Tak hanya itu, konsumen juga dapat melakukan pembayaran dengan metode cicilan 0 persen serta mendapatkan tambahan cashback menarik.