Joel Schumacher Sutradara Film 'Batman Forever' Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Joel Schumacher Sutradara Film 'Batman Forever' Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Yuli Nopiyanti
2020-06-23 08:41:11
Joel Schumacher Sutradara Film 'Batman Forever' Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun
Sutradara Film 'Batman Forever' Joel Schumacher (Foto:Dok.IMDb)

Kabar duka datang dari Joel Schumacher, yang merupakan seorang sutradara yang memiliki latar belakang sebagai desainer kostum ini baru saja meninggal dunia di usia 80 tahun setelah berperang lama dengan kanker.

Namun tak hanya itu saja paslanya Lahir di New York City, Schumacher memulai kariernya dengan bekerja bersama Halston dalam mendesain kostum sebelum akhirnya masuk ke dalam industri film sebagai desainer kostum pada Play It As It Lays (1972). 

Baca Juga: Menikah Kurang dari 3 Bulan, Kalina Ocktaranny Minta Diceraikan Insank Nasruddin

Bahkan setelah sukses pada area ini, ia kemudian mendesain kostum untuk Stephen Sondheim dan Neil Simon serta 2 film dari Woody Allen. Pada 1981, ia mendapatkan kesempatan untuk menyutradarai film panjang berjudul The Incredible Shrinking Wom.

Tak hanya itu saja bahkan Schumacher memang membawa estetika yang berbeda ke dalam film Batman tersebut, berbeda sekali dengan Batman dan Batman Returns karya Tim Burton. 

Karena sudah terbuka soal orientasi seksualnya sebagai seoran gay, Schumacher dituduh terlalu banyak memasukan elemen homoeroticism ke dalam film tersebut, terlihat bagaimana kostum Batman yang ketat hingga putingnya terlihat menonjol dari luar.

Bahkan Schumacher juga mengonfirmasi kebenarannya dalam wawancara dengan barbara Walters pada 2006, namun ia memilih untuk cuek dengan tuduhan tersebut. Ia berkata bahwa kritik soal elemen homoeroticism yang dilihat dalam Batman versinya tersebut selalu intrisik dengan karakter, yang mana ia sempat terpikir bahwa Batman dan Robin menjadi seorang gay.

Namun pada era itu, penonton dan masyarakat belum siap dengan isu LGBT. Sehingga membuat Batman Forever memiliki keuntungan yang banyak di Box Office dan mendapatkan kritikan yang layak. Akan tetapi, sekuelnya, Batman And Robin, terhitung gagal secara artistik maupun komersial. 

Baca Juga: Wah Ternyata, Aktor Korea dengan Followers Sosmed Terbanyak dimiliki Pemain The King: Eternal Monarch Lee Min Ho

Namun tak hanya itu saj abahkan di ketahui bahwa film-filmnya Schumacher selalu mengajak aktor kelas A di dalamnya. Ia menyutradarai Nicolas Cage di 8MM (1999), Robert De Niro dan Philip Seymour Hoffman di Flawless (1999), dan Anthony Hopkins dan Chris Rock di Bad Company (2002). 

Bahkan Joel Schumacher juga terhitung sangat populer dalam industri film, melihat sutradara David Fincher dan Liz Smith merupakan salah satu teman lamanya.  

Sejak kepergiannya, banyak orang yang menyatakan belasungkawa lewat Twitter, terutama orang-orang yang pernah bekerja bersama dengannya.


Share :

HEADLINE  

Jennie BLACKPINK Bakal Rilis Lagu Solo Baru: Sesuatu yang unik

 by Andrico Rafly Fadjarianto

September 30, 2023 18:00:00


Sosok dan Profil Codeblu, Food Vlogger yang Laporkan Farida Nurhan ke Polisi

 by Ajeng Conny Pradestina

September 26, 2023 14:00:00


Resmi! Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI

 by Ajeng Conny Pradestina

September 25, 2023 20:51:31


Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI, Jadi Maju Pilkada Depok 2024?

 by Andrico Rafly Fadjarianto

September 24, 2023 12:25:28


Ranking Singer Brand Reputation September 2023, Lim Young Woong Di Urutan Pertama

 by Ajeng Conny Pradestina

September 23, 2023 17:00:00