Penting Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Kesehatan Jika Mengkonsumsi Buah Semangka

Penting Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Kesehatan Jika Mengkonsumsi Buah Semangka

Alpandi Pinem
2020-06-22 16:11:06
Penting Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Kesehatan Jika Mengkonsumsi Buah Semangka
Ilustrasi Ibu Hamil Makan Semangka (Istimewa)


Asupan makanan seperti buah dan sayur yang tepat penting bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, nutrisi anak telah terpenuhi sejak dalam kandungan. Salah satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka.

Bicara soal buah semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah berdaging merah dan kaya kandungan air ini untuk ibu hamil.

Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan. Kandungan mineralnya dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga.

Baca Juga : Inilah 6 Manfaat Mengkonsumsi Srikaya Untuk Kesehatan

Berikut inilah manfaat buah semangka untuk ibu hamil :

1. Baik Untuk Pencernaan


Semangka sangat menenangkan untuk perut dan pencernaan. Wanita hamil menderita berbagai masalah pencernaan seperti keasaman dan mulas. Semangka memiliki sifat dingin yang membantu meringankan masalah ini, yang memberikan bantuan instan.

2. Mengurangi Pembengkakan Kaki dan Tangan


Edema atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot sehingga membantu mencegah edema.

3. Mengurangi Morning Sick


Semangka yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan awal yang sangat menyegarkan dan juga menyejukkan. Semangka juga mengandung nutrisi dan energi yang mencegah terjadinya morning sickness.

Baca Juga : Ini 5 Jus Buah yang Diyakini Ampuh Mengatasi Asam Urat

4. Mencegah Dehidrasi


Semua wanita hamil disarankan untuk minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90 persen air dan mengonsumsinya adalah cara yang baik untuk tetap terhidrasi.

5. Mengurangi Kram Otot


Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beragam perubahan. Kenaikan berat badan dan hormon ekstra menyebabkan otot dan tulang terasa sakit. Mengonsumsi semangka dalam bentuk apa pun membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan meredakan kram otot.

6. Mencegah Pigmentasi


Banyak wanita hamil menderita kulit berpigmen. Masalah menjengkelkan ini bisa menghilangkan sukacita dari kehamilan. Semangka menjaga pergerakan usus halus dan memperlancar pencernaan makanan. Ini, pada gilirannya, memengaruhi tekstur kulit. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh bisa diminimalkan dengan pembersihan tubuh secara teratur.

Baca Juga : Ini 5 Cara Alami yang Ampuh Bersihkan Paru-paru dari Sisa Nikotin

7. Meningkatkan Kekebalan


Saat Anda hamil, tubuh Anda berjuang untuk dua jiwa  Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh. Setiap bagian dalam kesehatan Anda bisa secara langsung memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin Anda yang belum lahir.

Semangka mengandung likopen, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merahnya, yang membantu mengurangi kemungkinan pre-eklampsia hingga 50 persen. Semangka juga memainkan peran penting dalam membangun kekebalan Anda yang mungkin terlihat turun selama kehamilan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30