Hari Yoga Internasional, Mau Tau Cara Yoga yang Efektif, Agar Berguna Bagi Kesehatan, Ini Tipsnya

Hari Yoga Internasional, Mau Tau Cara Yoga yang Efektif, Agar Berguna Bagi Kesehatan, Ini Tipsnya

Yuli Nopiyanti
2020-06-22 11:00:07
Hari Yoga Internasional, Mau Tau Cara Yoga yang Efektif, Agar Berguna Bagi Kesehatan, Ini Tipsnya
Ilustrasi Yoga (Foto:Dok.Istimewa)

Ditengah pandemi virus corona kebugaran seseorang menjadi prioritas utama, di mana semua orang mencoba untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat. Akan tetapi, kebijakan pembatasan aktivitas di ruang publik saat pandemi menjadikan orang-orang beralih ke olahraga di dalam rumah.

Bahkan Yoga juga bisa menjadi salah satu pilihan. Dan, bagi Anda yang belum pernah mencobanya, perayaan Hari Yoga Internasional 2020 yang jatuh pada 21 Juni ini bisa menjadi pendorong untuk memulainya.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya perayaan Hari Yoga Internasional dimulai pada 2015 lalu. Tanggal 21 Juni dipilih lantaran fenomena 'summers soltice' atau hari terpanjang di belahan bumi bagian utara terjadi pada tanggal tersebut.

Olahraga yang berasal dari India, yoga awalnya berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti bersatu, yang juga melambangkan kesatuan tubuh manusia. Hari ini, yoga telah menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia, demikian seperti yang dikutip dari United Nation, Minggu 21 Juni 2020.

Baca Juga: Liverpool Masih Sulit Menang atas Everton

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya hari Yoga Internasional sendiri diajukan oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Proposal pertama kali diperkenalkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi dalam pidatonya pada pembukaan sesi ke-69 Majelis Umum, di mana ia mengatakan:

"Yoga adalah hal yang sangat berharga dari tradisi kuno India. Yoga mewujudkan kesatuan pikiran dan tubuh, pikiran dan tindakan ... pendekatan holistik [yang] berharga bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Yoga tidak hanya olahraga; ini adalah cara untuk menemukan rasa kesatuan dengan dirimu sendiri, dunia dan alam."

Hari internasional yoga ini sendiri juga harus sendikit berbeda dengan biasanya, karena ada pandemi COVID-19. Karena banyak sanggar yoga yang tutup karena social dan physical distancing, orang-orang disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga ini dari rumah saja.

Tak hanya itu, UNICEF juga menganjurkan anak-anak yang harus di rumah akibat sekolah tutup untuk melakukan kegiatan fisik dengan Yoga. Menurut UNICEF ada banyak kegiatan yoga yang tidak membahayakan anak, namun masih memiliki keuntungan seperti orang dewasa dalam hal kesehatan. 

Baca Juga: Arsenal Kalah Beruntun Setelah Diungguli Brighton

Berikut tips yoga Agar Berguna Bagi Kesehatan sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut supaya terhindar dari cedera saat yoga:

1.Mulai dengan yang mudah lebih dulu


Foto:Istimewa

Yang namanya pemula tentunya harus memilih gerakan yoga yang mudah lebih dulu. Jangan langsung mempraktekkan pose yang sulit atau menantang. 

Sebab walau Anda merasa sanggup melakukannya, ingatlah bahwa tubuh bisa kaget karena belum terbiasa dengan gerakan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh pose yoga yang dinilai mudah dilakukan pemula:

- Latihan pernapasan

- Berbagai gerakan yoga yang melibatkan pose jongkok atau duduk

- Gerakan menekuk yang intensitasnya ringan 

Sedangkan pose yang tidak disarankan untuk pemula, contohnya adalah Bikram. Memaksakan diri melakukan hot yoga tersebut hanya akan menyebabkan otot kram dan panas, sekaligus membuat tubuh dehidrasi.

2.Pemanasan dan pendinginan itu penting


Foto:Istimewa

Sama seperti jenis olahraga lainnya, yoga juga perlu diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Sekalipun rangkaian gerakannya tampak slow, namun pemanasan maupun pendinginan tetap penting demi menghindari risiko cedera. 

Baca Juga: Gol Valencia ke Pertahanan Madrid Dianulir, Tim Asuhan Albert Celades Berang

Selain itu, ketika melakukan peregangan, lakukan dengan pelan, lembut, serta hati-hati. Jangan meregangkan tubuh terlalu ekstrim supaya otot tidak keseleo. 

3.Ikuti instruksi dengan cermat


Foto:Istimewa

Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah ikuti instruksi yang diberikan guru yoga dengan cermat. Jangan segan bertanya atau minta pertolongan kalau Anda merasa ragu soal benar-tidaknya gerakan yoga yang sedang dipraktekkan. 

Selain menjauhkan risiko cedera, mengetahui cara melakukan setiap pose dengan benar juga dapat menghindarkan salah kaprah. Alhasil, Anda takkan keliru lagi dalam mempraktekkan gerakan yoga tersebut di masa depan. 

4.Gunakan alat bantu 


Foto:Istimewa

Alat bantu yoga atau yoga props seperti matras, block, strap, hingga blanket, semuanya bisa memudahkan Anda ketika berlatih. Jadi tak ada salahnya menginvestasikan uang untuk membeli alat bantu yoga yang berkualitas. Meski harganya mungkin sedikit lebih mahal, tapi yoga props yang berkualitas umumnya lebih awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. 

5. Tips yoga terakhir adalah kenali gerakan yang berpotensi memicu cedera

Tips terakhir yang bisa kami sampaikan untuk menghindari cedera saat yoga ialah kenali gerakan mana yang kira-kira berpotensi memicu cedera. 

Umumnya gerakan yang dimaksud adalah advanced yoga poses, yang hanya mampu dipraktekkan oleh mereka yang sudah berpengalaman di bidang ini. Contoh advanced poses yang dimaksud adalah headstand, shoulder stand, back bend, side plank, hingga ragam pose yang berisiko menarik saraf panggul. 

Jadi sekarang, Anda sudah tahu bukan apa saja tips yoga agar berguna bagi kesehatan tak sampai cedera saat yoga?! Jika demikian, mari segera praktekkan dan selamat berlatih!


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30