Soal Gempa di Pacitan yang Dirasakan hingga Yogya, Berikut Penjelasan BMKG

Soal Gempa di Pacitan yang Dirasakan hingga Yogya, Berikut Penjelasan BMKG

Yuli Nopiyanti
2020-06-22 07:32:18
Soal Gempa di Pacitan yang Dirasakan hingga Yogya, Berikut Penjelasan BMKG
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto:Dok.Istimewa)

Telah terjadi gempa bumi bahkan Gempa mengguncang selatan Jawa, tepatnya 91 km selatan Pacitan, Jatim. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dirasakan hingga Yogyakarta.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Senin 22 Juni 2020, gempa tektonik ini terjadi pukul 02.33 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,1," jelas Daryono.

Baca Juga: Buaya Kuning di Kalsel, Buaya Mistis Suka Menolong Majikannya saat Berlabuh untuk Berdagang, Benarkah?

Bahkan Daryono juga menjelaskan, episenter terletak pada koordinat 8.98 LS dan 110.85 BT tepatnya di laut pada jarak 91 km arah selatan Kota Pacitan pada kedalaman 93 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia tersubduksi," beber dia.

Tak hanya itu saja bahkan Daryono juga menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Mekanisme penyesaran turun ini dipicu oleh bekerjanya gaya ekstensional berupa tarikan lempeng ke arah bawah akibat gaya gravitasi (slab pull mechanism).

Baca Juga: Begini Penampakan Gerhana Matahari Sebagian Fase Puncak di Aceh

"Guncangan akibat gempa ini dirasakan di Yogyakarta, Bantul, Maguwoharjo-Sleman, Wonogiri, Tulungagung, Karangkates dan Pacitan dalam skala inensitas III MMI," ungkapnya.

"Sementara guncangan juga dirasakan di Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, Purwokerto, Klaten dan Sukoharjo dalam skala intensitas II MMI," tambah dia lagi.

Bahkan menurut Daryono, hingga pukul 02.53 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30