Viral Uang Koin Seribu Bergambar Sawit Ini Dijual Ratusan Juta

Viral Uang Koin Seribu Bergambar Sawit Ini Dijual Ratusan Juta

Yuli Nopiyanti
2020-06-17 16:43:24
Viral Uang Koin Seribu Bergambar Sawit Ini Dijual Ratusan Juta
Ilustrasi Uang Koin Seribu Bergambar Sawit (Foto:Dok.Istimewa)

Pasalnya baru-baru ini tengah ramai di media sosial anak tahun 90-an pasti kalian masih ingat gaes dengan uang koin pecahan seribu yang bergambar sawit?.

Dikethaui bahwa uang tersebut sudah jarang di temukan bahkan tengah ramai kabar bahwa sekarang uang koin bergambar kelapa sawit itu dijual mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta. Hal ini diketahui lewat salah satu tempat jual beli online.

Bahkan tak hanya itu saja sebelumnya, Bank Indonesia menyatakan bahwa uang pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 tersebut masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Uang ini masih bisa digunakan untuk membayar di seluruh wilayah Indonesia sepanjang belum dicabut atau ditarik dari peredaran. Selain uang bergambar kelapa sawit itu, BI juga menjelaskan uang koin pecahan Rp 200 masih berlaku.

Baca Juga: Viral di Sosmed! Tempat Hiburan Malam di Bekasi Mulai Disesaki ABG Berjoget

"Uang pecahan kecil nominal Rp 200 selama masih dinyatakan berlaku, maka dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Yuk mari bersama mengedukasi untuk tidak menolak rupiah dalam bertransaksi," tulis pernyataan BI di akun twitter resmi @bankindonesia, Senin 15 Juni 2020.

Namun tak hanya itu saja bahkan bukan kali ini saja lho orang-orang menjual uang koin seribu bergambar sawit itu dengan mahal dari tahun 2018 dan 2019 lalu juga pernah mendadak koin ini dijual sangat mahal.

Namun tak hanya itu saja pasalnya di mata kolektor uang, koin 1000 sawit itu cuma berharga ribuan saja lho, bahkan nggak sampai ratusan ribu juga.

Tak hanya itu saja bahkan menurut Djulianto Susantio, seorang numismatis, istilah bagi kolektor uang dalam tulisannya ia mengatakan bahwa koin sawit ini justru nggak berharga-berharga banget lho.

Baca Juga:  Kisah Viral Ikan Arwana Seharga Rp 2 Juta yang Akhirnya Digoreng

Menurutnya, harga sebuat koleksi tergantung pada kondisi atau gradenya. Misalnya kalau uang dilihat dulu tuh apakah kondisnya mengilap, agak kotor, ada goresan, dan lain sebagainya.

Namun tak hanya itu saja pasalnya uang-uang langka yang biasanya banyak diburu numismatis juga sebenarnya sudah ada patokan harganya yang tercantum dalam buku katalogusnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30