Raja Ilato, Sosok Kakek Tua Berjenggot Panjang yang Bisa Menghilang Penjaga Bumi Gorontalo

Raja Ilato, Sosok Kakek Tua Berjenggot Panjang yang Bisa Menghilang Penjaga Bumi Gorontalo

Alpandi Pinem
2020-06-17 11:29:13
Raja Ilato, Sosok Kakek Tua Berjenggot Panjang yang Bisa Menghilang Penjaga Bumi Gorontalo
Makam Raja Ilato (Istimewa)


Aulia Ju Panggola. Ia adalah seorang Ulama, Pejuang dan Waliyullah yang masyhur di abad ke 16. Pendek kata Ju Panggola adalah tokoh kharismatik yang makamnya dikeramatkan, dan sampai sekarang selalu diziarahi banyak orang.

Ju Panggola adalah salah satu penjaga Negeri Gorontalo. Ju Panggola sesungguhnya adalah gelar, artinya 'tokoh yang dituakan, Adapun Ilato berarti 'kilat'.

Ju Panggola diyakini punya keistimewaan, salah satunya mampu menghilang dari pandangan manusia dan dapat muncul seketika jika Negeri Gorontalo dalam keadaan genting. Kesaktian ini muncul dalam sejarah lisan dalam kisah perjuangan melawan Belanda.

Kisah Ju Panggola memang diwarnai dengan beragam mitos. Orang Gorontalo di zaman dulu mengenal Ju Panggola sebagai kakek tua berjenggot panjang dan berjubah putih yang panjangnya sampai ke lutut.

Ju Panggola meninggalkan ilmu yang diterapkan lewat bela diri. Masyarakat Gorontalo menyebutnya langga. Semasa masih hidup, Ju Panggola mewariskan ilmu itu kepada murid-muridnya dengan cara meneteskan air mata pada mata mereka. Setelah itu sang murid akan menguasai ilmu bela diri tersebut melalui mimpi atau pun bergerak sendiri.

Atas jasa-jasanya untuk Gorontalo dan masyarakat luas, Ju Panggola Raja Ilato mendapat gelar adat “Ta Lo’o Baya Lipu” atau orang yang berjasa kepada rakyat”, sebagai lambang kehormatan dan keluhuran negeri.

Setiap jelang Ramadan, makam Ju Panggola ramai dikunjungi peziarah. Lokasinya di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Sejak bulan Rajab dan Syaban, terus menjadi lokasi tujuan peziarah dari penjuru Gorontalo. Sudah bergenerasi, warga berziarah ke makam ini bersama dengan keluarga.

Sebagian warga Gorontalo masih menganggap makam Ju Pangola ini keramat lantaran jejak sejarah dan masa lalu sang tokoh. Konon terdapat tanah putih yang hanya ada di makam Ju Panggola saja.

Tanah putih di makamnya Ju Panggola diambil untuk dan disimpan di dalam rumah dengan izin Allah, agar terhindar dari penyakit dan juga santet dan meperlancar rezeki. Makam Ju Panggola Raja Ilato tak hanya ramai saat jelang Ramadan. Setiap hari Kamis dan Jumat banyak sekali peziarah yang datang. Pada jelang Ramadan ini hampir setiap hari ada peziarah.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30