Melihat Makam Gantung Pemilik Ajian 'Pancasona' di Belitar

Melihat Makam Gantung Pemilik Ajian 'Pancasona' di Belitar

Dedi Sutiadi
2020-06-12 18:00:00
Melihat Makam Gantung Pemilik Ajian 'Pancasona' di Belitar
Makam Gantung di Belitar. (Foto: Istimewa)

Makam Gantung yang terletak di kota Blitar, Jawa Timur ini adalah destinasi selain makam Bung Karno yang di kenal sebagai tempat keramat. Makam gantung ini terkenal dengan istilah lain yaitu, Pesanggrahan Djojodigdo.

Pesanggrahan Djojodigdo adalah tempat wisata yang sering dikunjungi banyak orang. Makam gantung Pesanggrahan Djojodigdo ini adalah makam milik figur Sufi yang dikenal mempunyai ajian Pancasona.

Konon, jasad yang ada di dalam makam tersebut harus digantung agar tidak kembali hidup karena kesaktian ajian pancasona yang dimiliki jasad tersebut. Ajian pancasona adalah ajian kekebalan yang bilamana pemilik ajian ini meninggal dan menyentuh tanah akan hidup kembali.

Baca juga: Mengintip Danau Sentarum, Danau Unik Musiman di Kalbar

Mendengar nama makam gantung pasti banyak orang yang bertanya-tanya jika makam Mas Ngabehi Bawadiman Djojodigdo, yang merupakan Patih Blitar sekaligus pemilik ilmu Pancasona ini benar-benar digantung. Banyak orang yang salah mengira tentang makam gantung tersebut. Banyak yang mengira yang dikubur dengan cara digantung tersebut adalah sosok eyang Djojodigdo.

Baca juga: 8 Hektar Ladang Ganja di Madina Dimusnahkan BNNP Sumut

Sebenarnya, eyang Djojodigdo sang pemilik aji Pancasona dimakamkan dengan cara seperti manusia pada umumnya. Sedangkan yang digantung itu adalah pakaian dan senjata beliau yang berwujud gaib, sehingga tidak sembarang orang dapat melihat benda-benda tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30