Mengenal Orang Boentoet, Manusia Punya Ekor yang Berada di Pedalaman Kalimantan

Mengenal Orang Boentoet, Manusia Punya Ekor yang Berada di Pedalaman Kalimantan

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-12 15:16:52
Mengenal Orang Boentoet, Manusia Punya Ekor yang Berada di Pedalaman Kalimantan
Suku Boentoet (foto: Yukepo)

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku yang menyebar setiap daerahnya membuat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaan, budaya, dan adat istiadat yang sangat banyak. Perbedaan tersebut membuat Tanah Air tercinta Indonesia ini begitu indah. 

Suku yang berjumlah ribuan di Indonesia juga membuat mata wisatawan terkagum-kagum. Banyaknya suku di Indonesia tidak sedikit diantaranya yang sudah mengadopsi kebiasaan modern, namun tidak sedikit pula yang tetap mempertahankan segala kebiasaan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang mereka. Salah satunya adalah suku yang tidak biasa ada di Indonesia ialah Suku Boentoet atau Orang Boentoet.

Baca Juga: Ini 6 Batu Unik Punya Legenda di Indonesia, Ada Berbentuk Kelamin Pria Lo

Sama seperti namanya, Orang Boentoet merupakan ras manusia yang berekor. Mereka dulu menghuni pemukan Kesultanan Pasir dan Tepian Sungai Teweh, pedalaman Kalimantan. Penemuan Orang Boentoet awal kali dilihat oleh seorang abdi bernama Tjiropon yang juga orang kepercayaan Sultan Aji Muhannad Sulaiman.

Tjiropon melihat sosok manusia dengan ekor dan mampu mendeskripsikannya di depan sang sultan dan para pangeran serta Carl Bock, seorang penjelajah dan peneliti berkebangsaan Norwegia. Ia berkata kepala suku manusia berekor penampilannya luar biasa, matanya berwarna putih, memiliki ekor sekira lima hingga 10 centimeter. Tidak hanya itu, Suku Boentoet juga harus melubangi lantai rumah mereka agar bisa duduk dengan nyaman.

Penampilan fisik Orang Boentoet sangat berbeda dari suku-suku yang ada di Indonesia pastinya. Mereka memiliki raut muka yang sangar, kulit cokelat, dan mata yang tajam. Orang Boentoet juga jadi salah satu suku yang misterius bagi masyarakat Indonesia dan peneliti peradaban dunia.

Baca Juga: Mengenal Babi Rusa, Hewan Aneh dari Negeri Dongeng yang Hanya Ada di Sulawesi

Pasalnya, dari banyak kabar yang beredar, Orang Boentoet merupakan jenis manusia kanibal, ada pula yang mengatakan hanya orang berkemampuan khusus saja yang dapat melihat Orang Boentoet, dan kekeliruan lainnya yang ditemui oleh Carl Bock selama pencarian dan penelitian Orang Boentoet.

Hingga kini, belum ada kabar terbaru lagi perihal Suku Boentoet yang misterius dan unik itu. Semoga dimanapun mereka berada, kesejahteraan dan kedamaian mereka selalu dapat dirasakan selalu.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30