Ini Deretan Ular Mematikan di Indonesia, Salah Satunya Ular Belcher

Ini Deretan Ular Mematikan di Indonesia, Salah Satunya Ular Belcher

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-08 11:15:15
Ini Deretan Ular Mematikan di Indonesia, Salah Satunya Ular Belcher
Ular Belcher (foto: Dproperty)

Ular merupakan salah satu hewan reptil yang sangat ditakuti manusia. Dengan bisanya, manusia yang terkena gigitan hanya sekitika nyawanya langsung melayang, bahkan sampai saat ini obat yang terkena gigitan ular berbisa belum sempenuhnya sempurna. 

Nah, kali ini Correcto.id membahas deretan ular di Indonesia punya bisa yang sangat mematikan, langsung saja simak berikut ini:

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata di Flores Ada Pulau Mirip Lumba-lumba Bila Dilihat dari Langit

1. Ular Tanah


Ular tanah adalah jenis ular beludak berbisa yang sangat agresif. Mereka predator penyergap yang jarang bergerak. Namun jika ada sesuatu yang bergerak di dekatnya, ular ini dengan cepat menyergap mangsanya.

Gigitan ular ini tidak terlalu fatal dan jarang menimbulkan kematian. Namun dapat menimbulkan pembengkakan dan disfungsi pada bagian tubuh sehingga harus diamputasi. Disfungsi tidak akan terjadi apabila penanganan cepat dengan menyuntikkan cairan anti-bisa.

2. Ular Kraits


Ular kraits memiliki panjang 1-2 meter. Mereka memiliki bisa yang sangat beracun sehingga ketika menggigit, mangsanya hanya memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk bertahan hidup. Ular ini adalah salah satu hewan kanibal yang memakan sesama jenisnya.

3. Ular Kobra


Ular sendok atau biasa dikenal sebagai ular kobra umumnya memiliki warna yang bervariasi seperti hitam, coklat, dan hijau. Mereka aktif dan bergerak cepat. Ular kobra akan menegakkan dan memipihkan lehernya ketika merasa terancam dan membentuk seperti sendok.

Ular kobra melumpuhkan mangsanya dengan menggigit dan menyuntikkan bisa neurotoksin pada mangsanya. Selain itu mereka juga mampu melumpuhkan mangsa degan menyemprotkan bisa ke mata.

Baca Juga: Pulau Satonda di NTB, Punya Mistis dan Mitos Tempat Pengasingan Putri Dae Minga dari Kerajaan Sanggar

4. Ular Death Adder


Ular yang tersebar di Papua ini mampu menyuntikkan sekitar 40-100 miligram (mg) racun saraf. Sekali gigitan dapat menyebabkan kegagalan fungsi pernapasan sehingga menyebabkan kematian hanya dalam waktu 6 jam.

Ular ini menyerang mangsanya secepat kilat. Serangan death adder merupakan salah satu serangan ular tercepat di dunia dengan waktu kurang dari 0,15 detik saja.

5. Ular Belcher

Ular belcher merupakan ular laut yang tersebar di perairan Maluku Utara dan Selatan. Ular paling mematikan ini bisanya 100 kali lebih mematikan daripada ular lainnya yang hidup di darat.

Meskipun sangat mematikan, mereka tidak agresif dan jarang menggigit manusia. Ular belcher akan menyerang ketika merasa sangat terancam.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30