Wow! Pulau Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indonesia dan Diakui PBB

Wow! Pulau Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indonesia dan Diakui PBB

Alpandi Pinem
2020-06-07 14:27:10
Wow! Pulau Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indonesia dan Diakui PBB
Pulau Terkecil di Dunia di Singkawang (Istimewa)


Indonesia kerap disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri dari ribuan pulau yang membentang dari Sabang di ujung barat, hingga Merauke di ujung timur. Dengan ribuan jumlah pulau yang ada, tidaklah mengherankan bahwa di Indonesia terdapat pulau terkecil di dunia dan diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pulau terkecil tersebut berada di wilayah administrasi Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat yang dinamai dengan Pulau Simping. Pulau berpenghuni yang statusnya sebagai pulau terkecil ini diakui keberadaanya oleh PBB.

Dirangkum dari berbagai sumber, pulau ini konon dulunya disebut Pulau Kelapa Dua. Alasannya karena dahulu kala terdapat dua pohon kelapa yang tegak menjulang di tengah-tengah pulau seluas satu hektare ini.

Baca Juga : Pulau Kecil di Indonesia yang Nyaris Terlupakan Ini Ternyata Pernah Ditukar dengan Kota di New York

Pulau ini juga sedianya tak pernah tanpa wisatawan, meski kini tak lagi seramai satu dekade lalu. Lantaran memang tidak begitu jauh dari Singkawang, rute dan jalur menuju pulau ini juga tidak sulit dan relatif baik.

Dari Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak, Anda hanya butuh sekitar tiga jam untuk lebih dulu menuju Kota Singkawang. Dari Kota Singkawang, Anda tinggal melanjutkan perjalanan sekira 20 menit ke arah Pantai Teluk Mak Jantu.

Nah, sekira 100 meter dari bibir pantai itu ada Jalan Malindo dan sudah nampak Pulau Simping yang dihubungkan dengan sebuah jembatan beton. 10 tahun yang lalu, keberadaan pulau ini sempat lumayan ramai dikunjungi wisatawan.

Kala itu, pulau ini pernah dikelola pengusaha untuk membuka kebun binatang serupa Taman Safari di Cisarua, Bogor. Namun setelahnya, pulau ini belum bisa lagi mengulang masa kejayaannya.

Baca Juga : Pulau Tikus, Destinasi Pulau Kecil yang Molek di Bengkulu

Pulau Simping itu sendiri permukaannya hanya 'diramaikan' hamparan pasir dan bebatuan. Turut menghias jajaran pohon-pohon dan uniknya, terpadat sebuah kelenteng kecil atau tempat sembahyang masyarakat Tionghoa di pulau itu.

Ya, berarti memang pulau itu ada penghuninya. Atau setidaknya dulu. Karena ternyata penghuninya yang keturunan Tionghoa itu, memilih berangsur-angsur pindah karena pulau itu sempat mengalami abrasi.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30