Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen Akibat Pandemi Corona

Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen Akibat Pandemi Corona

Ahmad Diponegoro
2020-06-02 21:45:00
Penjualan Smartphone Global Turun 20 Persen Akibat Pandemi Corona
Foto: Shutterstock

Sebuah laporan penelitian industri terbaru dari Gartner mengatakan terjadi penurunan penjualan smartphone global pada kuartal pertama di tahun 2020.

Penurunan ini terjadi karena pandemi COVID-19 yang memberikan dampak ekonomi secara global dan industri smartphone pun salah satunya yang terimbas.

Baca Juga: Rekomendasi, 5 Smartphone dengan Baterai yang Bisa Dilepas 2020

Mengingat virus ini berawal dari China pada bulan Desember 2019, maka sebagian besar vendor China pun pastinya sangat terdampak pasalnya banyak pabrik yang tutup sementara di China dan juga daya beli konsumen yang menurun.

Penjualan smartphone global turun 20,2 persen pada kuartal pertama tahun 2020 dengan total sebanyak 299 juta unit. Tercatat ada lima brand smartphone Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi dan Oppo.

Apple mengalami penurunan penjualan dengan angka yang paling kecil dibandingkan dengan Oppo, Samsung dan Huawei yang mengalami penurunan paling signifikan.

Namun Xiaomi menjadi satu-satunya merek yang mengalami kenaikan dengan angka 1,4 persen.

Baca Juga: Heboh Beredar Bocoran Harga iPhone 12, Termurah Rp 9,6 Juta

Untuk jumlah pengapalan perangkat, di tahun ini Samsung telah mengirimkan lebih dari 55 juta perangkat di mana tahun lalu ada 71 juta perangkat yang dikirim pada kuartal yang sama di tahun lalu.


Share :