Makam Keramat di Makassar, Sering Terdengar Suara Mistis Kawanan Kera yang tidak Terlihat

Makam Keramat di Makassar, Sering Terdengar Suara Mistis Kawanan Kera yang tidak Terlihat

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-01 13:08:21
Makam Keramat di Makassar, Sering Terdengar Suara Mistis Kawanan Kera yang tidak Terlihat
(foto: Liputan6.com)

Di Kota Makassar terdapat sebuah daerah bernama Makassar Antang yang sangat dikenal sebagai daerah yang menyimpan beragam cerita mistis.

Cerita mistis yang dimaksud terdapat sebuah makam tua yang tepatnya terletak di Jalan Tamangapa Raya 3 Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Antang, Makassar.

Bagi masyarakat setempat, makam tua yang beraroma mistis itu sudah berusia ratusan tahun dan diyakini sebagai makamnya Daeng Pasang, seorang sesepuh kampung yang berwujud kera hitam. Sehingga masyarakat setempat kerap mendengar suara-suara aneh seperti segerombolan kera yang wujudnya tak nampak.

Baca Juga: Dilarang Keluar Rumah saat Langit Merah di Gorontalo, ini Alasannya

Dikutip dari liputan6, salah satu tokoh warga setempat bernama Abdul Kadir mengatakan dahulu kala masyarakat Antang masih menganut animisme. Sehingga di Antang masih banyak ditemukan beragam jejak-jejak animisme. Di antaranya bangunan yang berkubah dan diyakini sebagai makam tua yang dimaksud.

"Cerita terdahulu, di makam tua itu sering terjadi penampakan kera hitam yang masyarakat setempat mengenalnya dengan istilah patanna kamponga atau sesepuh kampung," terang Kadir.

Makam tua, kata Kadir, dahulunya terletak di bawah pohon besar yang usianya sangat tua dan lokasinya sekarang sudah dibeli oleh pengembangan untuk pembangunan perumahan.

Baca Juga: Gunung Hibata di Gorontalo, Menyimpan Misteri Dilarang Menyebut Hewan Kampung, Bila Dilanggar ini yang Terjadi

Makam tua itu, dahulunya hanya berbentuk rumah kayu kecil yang beratap daun nipa atau orang disini menamakan "saukang". Letaknya tepat berada dibawah pohon besar.

"Tapi karena telah dibeli pengembang untuk pembangunan perumahan, akhirnya makam tua yang menyimpan cerita mistis tentang Daeng Pasang yang berwujud kera hitam besar itu dipindahkan oleh masyarakat ke dalam lorong atau lokasi makam saat ini," ucap Abdul yang juga merupakan guru pencak silat di kampung Bangkala.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30