Sheer Khurma, Hidangan Spesial saat Idul Fitri di India, Manis dan Lezat

Sheer Khurma, Hidangan Spesial saat Idul Fitri di India, Manis dan Lezat

Anisa Br Sitepu
2020-05-21 23:30:00
Sheer Khurma, Hidangan Spesial saat Idul Fitri di India, Manis dan Lezat
Sheer Khurma dari India (Foto:Istimewa)

Saat merayaan Hari Raya Idul Fitri, ada satu hidangan yang seolah wajib ada di rumah masyarakat Hyderabad, India yaitu Sheer Khurma. Sheer khurma atau Sheer korma adalah versi otentik puding sohun yang disiapkan khusus untuk perayaan Idul Fitri.

‘Sheer‘ adalah singkatan dari susu dan ‘Khurma‘. Ini adalah singkatan dari kurma dalam bahasa Persia. Sheer khurma berasal dari Hyderabad, India.

Seperti diketahui bahwa kurma dianggap sebagai makanan suci dalam Islam dan sesuai peruntukannya. Oleh karena itu, rasa dominan dari kurma yang membuat puding ini sangat istimewa.

Tak hanya itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Yaitu dapat membantu penyakit sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan banyak kondisi lainnya.

Dilansir dari nilons.com, makanan penutup yang eksotis ini disiapkan menggunakan susu, kurma, kacang dan bihun.

Sheer Khurma juga kenikmatan Idul Fitri di semua rumah tangga di kalangan Muslim. Hidangan sederhana namun lezat ini serbaguna karena dapat disajikan panas atau dingin. Biasanya, kurma yang telah matang dan segar digunakan dalam pembuatan Sheer Khurma. Tetapi banyak juga yang lebih suka menggunakan kurma kering.

Sheer Khurma juga dibuat dengan bihun (sejenis spaghetti). Hidangan ini dimasak dalam susu dan kurma, lalu ditambahkan berbagai buah kering untuk membuatnya menjadi makanan penutup yang kaya nutrisi dan aromatik.

Sheer Khurma adalah hidangan pencuci mulut khas Muslim dan disajikan untuk keluarga dan teman-teman untuk menunjukkan keramahan dan kegembiraan pada berbagai kesempatan yang menyenangkan, salah satunya Idul Fitri. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30