Keren Banget, Xiaomi Luncurkan Sistem Operasi MIUI 12, Ada Fitur Wallpaper Dark Mode yang Meredup Seiring Perubahan Siang ke Malam

Keren Banget, Xiaomi Luncurkan Sistem Operasi MIUI 12, Ada Fitur Wallpaper Dark Mode yang Meredup Seiring Perubahan Siang ke Malam

Ahmad Diponegoro
2020-05-20 12:33:44
Keren Banget, Xiaomi Luncurkan Sistem Operasi MIUI 12, Ada Fitur Wallpaper Dark Mode yang Meredup Seiring Perubahan Siang ke Malam
MIUI 12 Foto: Xiaomi

Xiaomi secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya, MIUI 12. Sejumlah peningkatan keamanan disertakan begitu pula fitur baru, apa saja?

MIUI 12 berbasis Android 10. Ini menjadi sistem operasi pertama rancangan Xiaomi yang lolos tes perlindungan privasi dari TÜV Rheinland.

Fitur Dark Mode 2.0 akan membawa peredupan wallpaper ke ponsel Xiaomi. Fitur ini akan bekerja mengikuti waktu. Jadi wallpaper akan meredup seiring perubahan siang ke malam.

Xiaomi turut mengubah teks begitu beralih dari mode terang ke gelap. MIUI 12 secara otomatis menyesuaikan tebal huruf untuk mengurang silau ketika mode malam dihidupkan.

Di MIUI12, Xiaomi telah memvisualisasikan informasi sistem inti. Mereka menyebutnya Desain Visual Sensorik

Ini memungkinkan kamu melihat status sistem secara sekilas. Nantinya ketika membuka halaman Pengaturan di ponsel atau memeriksa hal-hal seperti ketersediaan penyimpanan, kamu akan melihat informasi sistem yang disajikan dalam bentuk grafik dan diagram visual, sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Xiaomi membawa "Super Wallpaper" di MIUI 12. Perusahaan besutan Lei Jun ini menciptakan animasi 3D Mars dan Bumi presisi tinggi berdasarkan data eksplorasi.

Kamu dapat mengatur Super Wallpaper ini di layar ponsel yang terkunci dan tidak terkunci. Ketika mode gelap dihidupkan, planet yang dipilih akan memasuki waktu malam, sehingga meningkatkan pengalaman visual pengguna.

Xiaomi sepertinya melakukan banyak perubahan visual pada MIUI 12. Antarmuka baru akan membawa efek cuaca yang realistis. Selain itu menunjukan perubahan cuaca seperti video timelapse.

Animasi ikon aplikasi turut mendapat penyegaran. Ikon aplikasi akan menghasilkan umpan balik real-time berdasarkan gerakan pengguna. Xiaomi mengatakan perubahan arah dan kecepatan gerakan akan menyebabkan ikon aplikasi bereaksi berbeda, mulai dari membuka, menutup hingga menghapus.

MIUI 12 juga menghadirkan gesture baru ke ponsel. Misalnya saat menggesek panel notifikasi, kamu dapat menggeser ke bawah panel untuk membentangkannya ke jendela kecil.

Pengguna dapat memilih untuk mengotorisasi aplikasi hanya sekali atau hanya saat menggunakannya. Izin akan dicabut setelah menggunakannya.

MIUI 12 juga akan membantu pengguna melacak perilaku aplikasi. Kamu akan dapat melihat catatan tentang cara kerja aplikasi pada perangkat, informasi yang dikumpulkan dan lain-lain.

Berbagi gambar juga lebih aman. Xiaomi mengatakan informasi sensitif seperti detail perangkat akan dihapus dari file gambar sebelum membaginya dengan siapa pun.

Selain fitur yang disebutkan di atas, MIUI 12 membawa sejumlah perbaikan lainnya.


Share :