Misteri DIbalik Kemegahan Istana Bogor: Penampakan dari Kamar Presiden sampai Kolam

Misteri DIbalik Kemegahan Istana Bogor: Penampakan dari Kamar Presiden sampai Kolam

Foto
Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Presiden RI memiliki 6 buah istana yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu istana yang paling megah dan terkenal adalah Istana Bogor. Komplek istana kepresidenan yang berada di Bogor memang berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bogor. Namun, di balik kemegahan istana presiden ternyata tersimpan beragam cerita misteri Istana Bogor. 

Cerita yang paling terkenal adalah kemunculan hantu noni Belanda yang kerap kali berjalan-jalan di sekitar kolam istana. Menurut penjaga istana dan petugas kebersihan, di halaman istana terdapat hantu noni Belanda yang kerap kali berkeliaran pada malam hari. 

Hantu noni ini menggunakan gaun panjang yang populer pada zaman kolonial dan kerah bajunya sangat tinggi. Penampakan ini selalu berjalan-jalan sambil membawa payung. Bahkan, yang lebih ekstrem lagi kadang-kadang hantu noni terlihat berjalan di atas air kolam sambil bersenandung.

Ada juga mitos bahwa ruang bawah tanah istana ini digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian tahanan-tahanan Belanda kala itu. Yang lebih parahnya lagi, korban-korban penyiksaan tersebut juga dikubur di dinding-dinding ruangan Istana Bogor. Oleh karena itu, sering terdengar jeritan pilu dan tangisan misterius di malam-malam tertentu.

Tidak sampai di situ saja, ada begitu banyak kisah angker di Istana Bogor, tetapi justru yang terangker adalah kamar yang dulunya ditempati oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Isu mengenai keangkeran kamar Presiden Soekarno ini juga dibenarkan oleh Ibu Hartini, salah satu istri Ir. Soekarno.

Beliau mengatakan bahwa ada makhluk tak kasat mata yang menjaga kamar tersebut. Ibu Hartini juga pernah melihat “tamu” gaib tersebut masuk ke dalam kamar Ir. Soekarno dengan menembus pintu. Misteri Istana Bogor ini membuat presiden-presiden setelah Soekarno tidak berani menempati kamar tersebut.