Semanggi Surabaya, Mirip Pecel Tapi Bukan

Semanggi Surabaya, Mirip Pecel Tapi Bukan

Dedi Sutiadi
2020-05-17 15:00:00
Semanggi Surabaya, Mirip Pecel Tapi Bukan
Semanggi, makanan khas Surabaya. (Foto: Istimewa)

Semanggi adalah makanan khas Surabaya yang mirip pecel pada umumnya. Karena, Semanggi di buat dari daun semanggi, kecambah dan kangkung yang dikukus. Lalu disiram dengan bumbu pedas dari ketela rambat kacang tanah dicampur terasi, cabai dan gula jawa. Diatasnya akan diberikan kerupuk dan disajikan dalam pincukan daun pisang. 

Tidak hanya semangginya yang unik, namun penjualnya tidak kalah unik. Kain yang digunakan sang penjual semanggi biasanya menggunakan jarit dan selendang untuk menggendong semanggi. Sebagian besar asalnya dari Desa Kendung, Benowo Surabaya. Mereka berjualan keliling Kampung di Surabaya.

Hingga sekarang, semanggi menjadi makanan khas Kota Surabaya, Jawa Timur. Selain itu juga, semanggi biasa disebut dalam kisah-kisah Ludruk Suroboyoan atau kesenian Wayang Orang Khas Surabaya. 

Bahkan sanking terkenalnya, makanan ini dijadikan judul lagu daerah yaitu Semanggi Suroboyo. Sedikit pengalan lagu tersebut seperti ini "Semanggi Suroboyo. Lontong balap Wonokromo. Dimakan enak sekali. Sayur semanggi, kerupuk puliiiii. Bung mari".

Harga seporsi semanggi cukup murah, yakni Rp5.000. Di mana tempat di Surabaya yang menjual semanggi? Nah, ini, nih. Butuh effort lebih jika anda ingin mencicipi semanggi, pasalnya sudah jarang ditemukan penjual semanggi di pinggir-pinggir jalan. Tempat di Surabaya yang kemungkinan besar menjual semanggi adalah Jalan Bukit Palma di daerah Citraland.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30