Ini 4 Rekomendasi Minuman Khas Sumbar, Cocok untuk Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan Dahaga

Ini 4 Rekomendasi Minuman Khas Sumbar, Cocok untuk Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan Dahaga

Ekel Suranta Sembiring
2020-05-16 17:34:05
Ini 4 Rekomendasi Minuman Khas Sumbar, Cocok untuk Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan Dahaga
Es Durian Ganti Nan Lamo Khas Sumbar (foto: Garnesia)

Jika berbicara mengenai kuliner Sumatera Barat, makanan seperti rendang, sate padang atau nasi padang pasti menjadi beberapa jenis kuliner yang langsung terngiang di kepala. Ya, ketiga jenis makanan tersebut memang merupakan kuliner Sumatera Barat yang paling melekat dan dikenal oleh banyak orang.

Namun selain ketiga jenis kuliner itu, Sumatera Barat juga masih mempunyai beragam jenis kuliner lainnya yang tidak kalah nikmat. Di antaranya beragam minuman khas yang memiliki cita rasa tersendiri.

Beberapa jenis minuman khas ranah Minang ini dapat dikatakan sebagai minuman unik karena bahan pembuat dan cara penyajiannya berbeda dari biasanya. Tentunya minuman-minuman tersebut dapat memberikan energi dan melepas dahaga saat berbuka puasa nanti.

Dari pada kamu penasaran, ini 4 minuman unik khas Sumatera Barat yang Correcto.id rangkum dari berbagai sumber.

1. Aia aka


Aia aka (foto: Good News from Indonesia)

Aia aka atau aia kacang alias air kacang ini memiliki tampilan bentuk seperti cendol dan bertekstur kenyal layaknya agar-agar. Hal ini tidak lain karena bahan dasarnya terbuat dari daun cincau hijau.

Minuman ini sering disebut seperti cendol karena biasanya sang penjual akan mencampurnya dengan air santan. Selain ditambahkan dengan air santan, aia juga bisa diminum dengan air jeruk nipis yang baik untuk meredakan panas dalam.

2. Es Tebak


Es Tebak (foto: detikFood)

Meski namanya es tebak, sebenarnya minuman ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan tebak-tebakan. Es tebak merupakan pelepas dahaga yang terdiri dari cincau hitam, tape ketan hitam, kolang-kaling dan tebak.

Tebak adalah adonan yang terbuat dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang dimasak dengan air garam dan kapur sirih. Lalu adonan tersebut dicetak menyerupai cendol. Minuman hidangan penutup ini biasanya dihidangkan dengan sirup merah, susu kental manis dan es serut.

3. Jus Pinang Muda


Jus Pinang Muda (foto: Sari Bundo)

Jus pinang muda juga lebih banyak dikonsumsi oleh pria. Hal ini tidak terlepas karena khasiatnya yang dapat menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa penjual jus pinang muda ada yang menambahkan telur dan susu plus madu. Untuk menambah rasa hangat, tidak jarang ditambahkan potongan jahe di dalamnya. Biasanya telur yang digunakan adalah kuning telur itik.

4. Es Durian


Es Durian (foto: Detik Travel)

Yang membedakan es durian khas Sumatera Barat dengan es durian lainnya yaitu bahan-bahan campuran yang digunakan. Es durian Sumatera Barat terdiri dari campuran durian, cincau hitam, kelapa muda dan bubur pacar serta es serut yang kemudian ditambah susu kental manis cokelat di atasnya.

Es durian yang paling terkenal di padang adalah es durian Ganti Nan Lamo yang sudah berdiri sejak tahun 1960.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30