Di Magelang, ada Masjid Berbentuk Ka'bah Looh...

Di Magelang, ada Masjid Berbentuk Ka'bah Looh...

Dedi Sutiadi
2020-05-16 13:45:00
Di Magelang, ada Masjid Berbentuk Ka'bah Looh...
Masjid Ash Shirath di Kota Magelang. (Foto: Istimewa)

Ka'bah adalah kiblat arah ibadah umat Islam yang ada di Mekah, Arab Saudi. Ka'bah juga merupakan tempat yang paling suci bagi umat muslim.

Namun, di Kota Magelang ada satu masjid yang mirip dengan Ka'bah yang bernama Masjid Ash Shirath. Bukan untuk menjadi kiblat, namun melaikan untuk beribahdah solat.

Masjid yang terletak di Kampung Warna-warni di Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, tersebut dibangun semenjak Oktober 2019 itu selesai sehari sebelum puasa Ramadhan tahun ini pada Kamis 23 April 2020.

"Jarak kami dari RT 01 ke masjid besar agak jauh. Jadi kalau mau salat, utamanya magrib dan subuh ini karena waktunya pendek, kalau kami berjalan ke masjid sampai sana kadang-kadang sudah dimulai. Jadi, agak tergesa-gesa," kata Sagiyo saat dihubungi, Jumat 15 Mei 2020.

"Untuk itu salah satu warga ada mencetuskan akan melaksanakan salat berjemaah di bank sampah. Tetapi karena situasi tempat itu kurang suci, maka kami warga RT 01 ada kesepakatan untuk membuat masjid," sambungnya.

Ukuran bangunan utama masjid yakni 6x7,5 meter, tinggi 5,20 meter dan lebar 6,8 meter. Kemudian serambi 6,5x7 meter dan tempat wudu 2,5x6,5 meter. Terdapat ukiran kaligrafi berwarna emas dengan kalimat asmaul husna mengelilingi bangunan utama di bagian atas. Kemudian kalimat syahadat berada di bagian temboknya yang berwarna hitam kelam. Untuk bentuk ka'bah ini juga dilengkapi dengan replika hajar aswad.

"Membuat masjid, kemudian karena di tempat kami itu adalah kampung wisata, kami mempunyai ide biar bisa menunjang tempat wisata itu. Kami buat replika ka'bah dan alhamdulillah bisa selesai. Berakhir kemarin sehari sebelum Ramadhan, jadi tanggal 23 April, baru dihentikan," ujarnya.

Pihaknya juga berencana menjadikan masjid Ash Shirath sebagai tempat wisata religi. Nantinya akan dilengkapi dengan tempat pendidikan agama Islam.

"Yang jelas ke depan, kita ingin dijadikan tempat untuk wisata religi juga. Kemudian untuk sai bisa di lapangan kampung," kata Sekretaris Pokdarwis Kampung Warna-warni Tidar Campur, Danang Sudrajat.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30