Merinding! Ini 7 Mistis di Balik Keindahan Danau Toba Sumut

Merinding! Ini 7 Mistis di Balik Keindahan Danau Toba Sumut

Ekel Suranta Sembiring
2020-05-15 19:18:02
Merinding! Ini 7 Mistis di Balik Keindahan Danau Toba Sumut
Danau Toba (foto: Blog Reservasi)

Berbicara tentang danau, maka nama Danau Toba selalu terdepan untuk urusan wisata air terbaik di Indonesia. Dengan panjang 100 kilometer, Danau Toba nggak berhenti tampil memukau para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebagai ikon Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba nggak cuma hadir dengan pesona alam yang cantik dan asri. Di sisi lainnya, banyak kisah mistis yang berkembang di masyarakat soal danau tekto-vulkanik.

Mulai dari mitos ikan raksasa di dasar danau sampai penampakan ‘Begu Ganjang’, sosok mahluk pencabut nyata, nggak hilang dari panorama yang ditawarkan Danau Toba dan Pulau Samosir di tengahnya.

Nah, buat kamu yang ada rencana berburu wisata mistis di Danau Toba, Correcto.id berhasil merangkum tujuh kisah mistisnya. Penasaran? Mari disimak!

1. Santabi Oppung

Untuk mencapai Danau Toba, kamu harus berkendara melewati berbagai macam lembah da gua. Nah, di antaranya, kamu bakal bertemu gua misterius. Saking misteriusnya, banyak kendaraan yang mengalami mati mesin saat melintasi gua tersebut. 

Masyarakat sekitar Danau Toba pun percaya dengan mengucapkan ‘Santabi Oppung’ atau permisi sambil meletakkan rokok yang tengah menyala mampu mengusir energi jahat tersebut.

2. Mahluk Usil Desa Tongging

Kisah yang pertama datang dari akhir 2009 lalu. Tepatnya di desa tepi Danau Toba, Tongging, segerombol pemuda berniat mendaki sebuah tanjakan dengan mobil. Nggak berapa lama, di tengah-tengah malam, kendaraan yang mereka tumpangi mendadak mati. Di saat yang bersamaan, sosok mahluk halus muncul, membuat kaget para pemuda tersebut. Dari kisah yang berkembang di masyarakat, mahluk tersebut merupakan jelmaan jin yang menunggui Danau Toba selama ratusan tahun.

3. Mitos Begu Ganjang

Dari beberapa misteri yang ada di Danau Toba, mitos si Begu Ganjang mungkin yang paling mengerikan. Gimana nggak mengerikan, si Ganjang dikisahkan sebagai mahluk pencabut nyawa yang siap menerkam para penebang pohon di hutan sekitar Danau Toba. Penampakannya digambarkan sebagai mahluk bertubuh besar berbulu tebal. Meski demikian, sampai sekarang belum ada korban berjatuhan karena diganggu si Ganjang.

4. Kakek Tua Tepi Danau

Pesisir Danau Toba menyimpan sisi angker yang terus dikisahkan. Nah, salah satu kisahnya adalah soal kakek tua tepi danau. Menurut penuturan warga, sekelompok mahasiswa Universitas Sumatera Utara pernah diganggu mahluk halus tersebut. Saat selesai berfoto, penampakan seeokor monyet dengan perawakan kakek tua hadir di tengah-tengah mereka. Makin ngeri karena posisi kaki yang teranyun seakan nggak mampu menopang tubuh yang bungkuk.

5. Hantu Muka Rata

Mitos lainnya yang siap membuat bulu kuduk kamu berdiri adalah soal hantu muka rata. Nah, layaknya mitos mistis dari Jawa, hantu muka rata digambarkan sebagai seorang wanita yang sering muncul dari bawah air Danau Toba. Seorang pengunjung pria yang tengah bersantai di pinggir Danau Toba pernah dikagetkan dengan kemunculannya.

6. Ikan Mas Penunggu Danau Toba

Kisah yang satu ini sudah turun-temurun berkembang di Masyarakat Danau Toba. Yap, banyak nelayan di perairan Danau Toba melihat penampakan tiga ikan mas raksasa berukuran hingga 10 meter. Mereka makin gelisah karena ikan mas tersebut bisa saja merusak jala maupun kapal yang mereka tumpangi. Konon, ketiga ikan mas tersebut merupakan penunggu abadi Danau Toba.

7. Tangisan Arwah Penasaran

Malam adalah momen yang pas buat menikmati rembulan di atas Danau Toba. Namun, beberapa masyarakat mengaku sering mendengar suara tangisan misterius dari tengah danau. Menurut mitos yang berkembang, tangisan tersebut merupakan arwah para korban kapal tenggelam di Danau Toba.

Nah, itu dia 7 mistis dibalik keindahan Danau Toba. Bila benkunjung ke Danau Toba sebaiknya selalu sopan dan meminta perlindungan kepada Sang Pencipta.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30