Air Putih, Wisata Alam Unik di Bengkulu, Tempat Perpaduan Antara Air Panas dan Air Dingin

Air Putih, Wisata Alam Unik di Bengkulu, Tempat Perpaduan Antara Air Panas dan Air Dingin

Ekel Suranta Sembiring
2020-05-15 16:43:12
Air Putih, Wisata Alam Unik di Bengkulu, Tempat Perpaduan Antara Air Panas dan Air Dingin
Air Putih di Bengkulu (foto: Cheria Holiday)

Provinsi Bengkulu kerap dijuluki sebagai bumi Raflesia dikenal sebagai daerah dengan bentang alam yang cukup mengesankan. Banyak jajaran pantai eksotis di Bengkulu, mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di sana kamu juga bisa menemukan banyak air terjun cantik yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Tidak hanya itu, di Bengkulu juga terdapat sebuah sungai yang cocok untuk dijadikan sebagai wisata alam, yakni Sungai Air Putih. Wisata ini terbilang cukup unik, karena aliran sungainya adalah perpaduan antara air panas dan air dingin.

Wisata Air Putih terletak di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, dengan jarak sekitar 77 km di sebelah utara Kota Bengkulu. Bagi yang datang dari Kota Bengkulu, para pengunjung harus menempuh waktu perjalanan selama 2 jam 20 menit. Kondisi jalan yang cukup mulus juga memungkinkan para pengunjung untuk datang ke wisata Air Putih dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Bagi yang datang dari Kota Muara Aman, ada dua rute untuk menuju ke wisata Air Putih. Rute yang pertama dengan melalui jalur Bengkulu Utara melewati Kecamatan Giri Mulya, dengan pemandangan kebun kopi yang menghampar luas. Sementara alternatif kedua adalah dengan melewati Curup menuju Muara Amandengan melewati Danau Tes.

Dinamakan wisata Air Putih bukan berarti air di sungai ini berwarna putih seperti air susu, namun karena memang airnya sangat jernih dan membuat dasar sungai bisa terlihat dengan jelas. Jernihnya air yang mengalir karena bersumber langsung dari mata air yang berada di sekitar pegunungan setempat. Pesona wisata Air Putih juga terlihat semakin mengagumkan karena lokasinya yang diapit oleh dua tebing batu yang berdiri kokoh.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata Air Putih. Selain berenang dan bermain air di aliran sungai, para pengunjung juga bisa berendam di kolam air panas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Ada juga beberapa pengunjung yang memanfaatkan sumber mata air panas di celah bebatuan untuk merebus telur.

Jika ingin memanfaatkan keindahan Air Putih, para pengunjung juga bisa dengan bebas berswafoto di sekitar lokasi. Berada di daerah pegunungan dan diapit oleh dua tebing membuat wisata Air Putih memiliki banyak landscape yang menawan dan tentunya sangat Instagramable. Jadi siapkan ruang penyimpanan yang besar jika kamu berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

Tidak hanya dimanjakan oleh suasana alamnya, para pengunjung di wisata Air Putih juga dimanjakan dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Selain ada kolam air panas yang bisa digunakan untuk berendam, di sana juga telah disediakan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai atau sekedar bercengkrama sembari menikmati bekal yang di bawa dari rumah.

Jika tidak membawa bekal, di sana juga telah ada beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan untuk mengobati rasa lapar. Soal harga jangan khawatir, karena warung-warung di sana menjajakan barang dagangannya dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk menikmati keindahan dari wisata alam Air Putih, para pengunjung hanya dipatok tiket masuk tak kurang dari 5 ribu rupiah. Namun harga tersebut tidak termasuk tiket untuk berendam di kolam air panas.

Bagaimana, apakah kamu sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke wisata Air Putih? Jika kamu warga Bengkulu, sangat rugi jika tidak pernah mencicipi keindahan alam yang ada di sana.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30