Air Terjun Janji di Humbahas, Tempat Para Raja-raja Batak Mengucap Sumpah

Air Terjun Janji di Humbahas, Tempat Para Raja-raja Batak Mengucap Sumpah

Foto
Air Terjun Janji (foto: Tobatoba.com)

Air Terjun Janji merupakan air terjun di Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Dibalik keindahan air terjun tersbut, tersimpan sejarah unik, dimana lokasi air terjun tersebut tempat para raja-raja Batak mengucap sumpah, salah satunya Sisingamangaraja.

Untuk menuju ketempat ini, jika karena tidak jauh dari Dolok Sanggul (ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan). Hanya dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit.

Dengan tinggi sekitar 50 meter dan punya debit air yang cukup besar, pesonanya pasti mengundang decak kagum dan syukur bagi wisatawan yang mengunjunginya. Panorama indah yang langsung berhadapan dengan Danau Toba.

Sejarah dan Cerita Air Terjun Janji

Ada banyak folklore Batak terdahulu yang kerap dilisankan. Selain tempat lahir Tombak Sulusulu, Raja Sisingamangaraja beserta raja-raja lain, prajurit dan panglimanya disebut-sebut menjadikan objek tersembunyi di Bakkara ini sebagai tempat untuk bersumpah atau berjanji.

Dikisahkan bahwa, Raja Sisingamangaraja saat itu menancapkan tukkot (tongkat) di atas permukaan tanah ketika sedang berempuk dengan para prajurit. Seperti ketahui, raja Bangso Batak tersebut dipercaya memiliki kekuatan sakti dan mandraguna.

Dikala tongkatnya ditarik kembali dari tanah, maka sekonyong-konyong memancarkan air dengan sangat deras. Sumber mata air yang muncul tiba-tiba pun tak terbendung sehingga terus mengalir menuruni perbukitan. Nah, cerita ini dipercaya sebagai asal mula terbentuknya air terjun sampuren Janji.