Simak Yuk! Berikut Kisah Jaka Tingkir dan Misteri Kekuatannya

Simak Yuk! Berikut Kisah Jaka Tingkir dan Misteri Kekuatannya

Yuli Nopiyanti
2020-05-11 11:59:09
Simak Yuk! Berikut Kisah Jaka Tingkir dan Misteri Kekuatannya
Jaka Tingkir (Foto:Dok.Istimew)

Kisah Jaka Tingkir sudah melegenda bahkan ia adalah putra dari Ki Kebo Kenanga (Ki Ageng Pengging), anak dari Pangeran Handayaningrat (Ki Ageng Pengging Sepuh), seorang bangsawan keturunan raja Majapahit yang menikahi Ratu Pembayun, satu-satunya anak dari Prabu Brawijaya dengan permaisurinya.

Namun tak hanya iyi saja mereka adalah yang orang-orang tuanya bersama dengan para angkatan tua lainnya memilih mati ketika para Wali dan prajurit Demak datang untuk menawan dan membawa mereka untuk diadili di Demak, tetapi sesudah itu keluarga-keluarga mereka juga habis semua dibantai oleh prajurit Demak di bawah pimpinan para Wali.

Bahkan tak hanya itu saja tetapi bayi Jaka Tingkir berhasil diselamatkan oleh Sunan Kalijaga setelah mata batin Sunan Kalijaga melihat sebuah cahaya terang di wajah bayi itu, cahaya wahyu keprabon! Dalam pandangan batinnya bayi itu adalah penerus raja-raja Majapahit dan wahyunya sudah turun kepadanya ! Diam-diam bayi itu pun dilarikannya dan diserahkannya kepada Nyai Tingkir di pengungsian, yang suaminya juga telah tewas dalam pembantaian oleh prajurit Demak.

Bahkan sudah sejak kecil Jaka Tingkir senang mengembara, ke bukit-bukit, ke gunung-gunung, keluar masuk hutan angker, mengunjungi tempat-tempat wingit dan angker atau menyepi di goa-goa.

Pasalnya Jaka Tingkir adalah seorang anak yang bandel dan tak pernah kapok walau sering sekali dimarahi oleh ibu angkatnya, Nyai Tingkir, karena sering tidak pulang dan jarang sekali berada di rumah. Wataknya keras digembleng oleh alam, tetapi sangat menjunjung tinggi sikap ksatria dan tanggung jawab.

Ia suka sekali datang ke tempat-tempat berbahaya dan "terlarang". Menyusup dan mengobrak-abrik sarang penyamun adalah kegemarannya. Semakin berbahaya situasinya, semakin menarik dan menantang baginya.

Walaupun aslinya dirinya yang anak seorang bangsawan diberi nama Raden Mas Karebet, tetapi karena sedang tinggal di pengungsian ibu angkatnya menyembunyikan nama aslinya itu. Ia hanya dipanggil Jaka (Joko) saja. Nyai Tingkir sendiri juga menyembunyikan identitas asli dirinya. Dan karena di tempat pengungsian itu terdapat banyak pengungsi dari berbagai tempat orang-orang tidak mengenal jati dirinya yang asli.

Tetapi masyarakat masih bisa mengenalinya sebagai seorang ningrat dan menghormatinya.

Misteri Kekuatan Jaka Tingkir

Dikabarkan Jaka Tingkir merupakan murid dari Sunan Kalijaga yang bisa dikatakan mumpuni dalam menuntut ilmu. Hal tersebut dibuktikannya dengan capaian-capaian keberhasilan dalam setiap ujian tingkatan ilmunya. Baik ilmu dunia maupun hal-hal yang mengandung unsur kebatinan atau gaib.

Bahkan tak hanya itu saja salah satu ilmu Jaka Tingkir yang terkenal ialah bisa mengalahkan buaya dengan cara bertarung tangan kosong. Kisah ini juga sempat ditayangkan beberapa kali dalam sinetron 'Jaka Tingkir' pada awal tahun 2000.

Sebenarnya masih banyak lagi misteri tentang kekuatan yang dimiliki Jaka Tingkir ini. Buktinya hingga kini masyarakat masih banyak yang meyakininya dan berbondong-bondong datang ke tempat pemakaman beliau hanya sekadar untuk berziarah dan melihat-lihat.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24