Ramadan Syahrul Ijabah, Ayyub Al-Sakhtiyani Berdoa untuk Kesempurnaan Iman

Ramadan Syahrul Ijabah, Ayyub Al-Sakhtiyani Berdoa untuk Kesempurnaan Iman

Dedi Sutiadi
2020-05-10 17:33:17
Ramadan Syahrul Ijabah, Ayyub Al-Sakhtiyani Berdoa untuk Kesempurnaan Iman
Ilustrasi memanjatkan doa. (Foto: Istimewa)

Bulan Ramadan merupakan syahrul ijabah, atau bulan dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Hat tersebut bersandar pada salah satu hadis Nabi SAW, bahwa doa orang yang berpuasa tidak tertolak. 

Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi, bahwa Nabi Saw bersabda;

ﺛﻼﺙ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ

Tiga golongan orang yang doanya tidak tertolak, yaitu doanya orang yang berpuasa sampai dia berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terdzalimi.

Tentu doa yang dipanjatkan haruslah doa-doa yang baik, salah satunya memohon kepada Allah SWAt akan kesempurnaan iman. Salah seorang sahabat yang pernah memanjatkan doa akan kesempurnaan iman adalah Ulama salaf Abu Ayyub Al-Sakhtiyani.

Beliau berdoa dengan lafadz berikut;

اَللَّهُمَّ اَسْئَلُكَ اْلِايْمَانَ وَحَقَائِقَهُ وَوَثَائِقَهُ وَكَرِيْمَ مَا امْتَنَنْتَ بِهِ مِنَ اْلاَخْلَاقِ وَاْلَاعْمَالِ الَّتِيْ نَالُوْا بِهَا مِنْكَ حُسْنَ الثَّوَابِ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِمَّنْ يَتَّقِيْكَ وَيَخاَفَكَ وَيسْتَحْيِيْكَ وَيَرْجُوْكَ اَللَّهُمَّ اسْتُرْنَا بِاْلعَافِيَةِ

Allohumma as-alukal iimaana wa haqoo-iqohuu wa watsaa-iqaohu wa kariima mamtananta bihii minal akhlaaqi wal a’maalil latii naaluu bihaa minka husnats tsawaab. Allohummaj’alnii mimman yattaqiika wa yakhoofaka wa yastahyiika wa yarjuuk. Allohummasturna bil ‘aafiyati.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu iman, hakikat serta kesempurnaan iman, aku memohon kepada-Mu kemuliaan apa yang Engkau anugerahkan dari akhlak dan amal yang dengannya kami bisa mendapatkan pahala yang bagus dari-Mu. Ya Allah, jadikan aku termasuk orang-orang yang bertakwa kepada-Mu, takut kepada-Mu, malu kepada-Mu dan berharap kepada-Mu. Ya Allah, tutupilah kami dengan afiyah (keselamatan).

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Nashr Al-Maruzi dalam kitab Mukhtashar Qiyamil Lail wa Ramadhan wa Al-Witr 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30