Berkunjung ke Kota Pematang Siantar? Ini 3 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibawa Pulang

Berkunjung ke Kota Pematang Siantar? Ini 3 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibawa Pulang

Alpandi Pinem
2020-05-07 17:28:17
Berkunjung ke Kota Pematang Siantar? Ini 3 Oleh-oleh Khas yang Wajib Dibawa Pulang
Roti Ganda Siantar (Istimewa)


Liburan ke Sumatera Utara khsusnya ke Siantar tentu kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Beragam kuliner yang sangat cocok dibawa seperti yang terkenal dengan roti bantal (tawar) plus srikaya yang rasanya sudah tak diragukan lagi.

Berikut ini dia 3 makanan ciri khas  kota peraih adipura yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh :

1. Roti Ganda


Roti yang sudah melegenda sejak saya masih kecil sampe sekarang tokonya belum berubah. Sebuah bangunan di deretan ruko di Jalan Sutomo Pematang Siantar. Ada juga yang baru di Jalan Kartini. Hanya saja sekarang sudah banyak cabang atau lebih tepatnya reseller mungkin.

Kata orang yang paling bikin candu dari roti ganda ini adalah selai srikayanya. Banyak yang jual roti dan selai serupa, tapi rasanya ngga ada yang bisa menandingi kelezatan dan kelembutan roti produksi toko ganda Siantar ini.

Pembeli bisa memilih isi untuk si roti bantal tadi dengan dua pilihan. Srikaya atau krim dengan campuran meses. Walaupun banyak yang suka selai srikaya, tapi kalo saya pribadi lebih suka diisi dengan krim dan meses.

Toko ini selalu saja ramai oleh pengunjung. Jangankan weekend, bahkan weekday pun tidak pernah tidak antri. Yang bikin agak lama adalah proses pengisian selai ke dalam roti tawarnya. Jadi roti tawar yang mirip bantal itu dibelah dua memanjang tapi ngga sampe terputus.

Kemudian dibuka dan diisi dengan selai srikaya atau meses. Kemudian ditutup lagi dan diiris menjadi beberapa belah. Tujuannya supaya ngga susah pas mau makan. Tinggal ambil pada bagian potongannya tersebut. Kalau mau rotinya dipisah dengan isinya bole juga. Tergantung permintaan.

Selain roti tawar, mereka juga menyediakan berbagai macam makanan lain seperti kue tart, macam-macam bolu, kue basah dan snack-snack serta minuman  Harga perbungkusnya 17ribu. Porsinya besar dan cukup bikin kenyanglah. Kalau selai srikayanya atau krim bisa dibeli terpisah dengan rotinya. Dikemas dalam segelas kecil (seperti kemasan aqua cup) dihargai 9ribu.

2. Roket


Bukan sejenis mainan anak-anak apalagi senjata perang. Roket merupakan akronim dari roti ketawa. Ada sebab kenapa dinamakan roti ketawa. Jadi roti ini setelah digoreng akan pecah pecah dan membelah seperti orang tertawa. Begitu, tampilannya seperti onde-onde karna diberi taburan wijen. Hanya saja ini lebih keras namun masi tetap gurih dan renyah.

Banyak gerai yang menjual roket di berbagai sudut kota Siantar. Sebagian ada yang menjual dengan pilihan rasa original dan ada juga rasa pandan. Depan toko roti Ganda juga ada penjual roket memakai gerobak. Yang lebih lengkap tokonya ada di Jalan Asahan

Ada roti ketawa dengan bulatan besar dan juga kecil. Kalau beli di gerobak depan toko roti ganda, perbungkusnya baik bulatan besar atau kecil, sama-sama dibandrol 10ribu.

3. Ting Ting Teng Teng


Kalau ini namanya ngga ada nyambungnya dengan bentuk dan rasa. Jadi makanan ini juga jenisnya macem-macem walaupun berbahan dasar yang sama. Makanan ini dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk sampai hampir halus lalu dicampur dengan gula cair (karamel) sampe teksturnya padat dan bisa dibentuk atau dipotong.

Untuk memperbanyak pilihan, sebagian ada yang ditaburin wijen. Ada yang digigit langsung gembur, ada juga yang keras dan renyah. Mungkin tergantung campuran dalam adonannya. Dari berbagai macam jenis tersebut maka diberi nama yang berbeda pula. Ada ting ting, teng teng, pang pang, ping ping dan ak am. Makanan ini tersedia di toko oleh-oleh seperti asli A1 di Jalan Merdeka dan toko Paten di Jalan Bandung, dll.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30