Lemang yang Gurih Enak, Cara Santap hingga Resepnya!

Lemang yang Gurih Enak, Cara Santap hingga Resepnya!

Ahmad
2020-05-07 13:10:53
Lemang yang Gurih Enak, Cara Santap hingga Resepnya!
Foto: iStock

Lemang merupakan makanan khas Sumatera yang terbuat dari beras ketan. Rasanya yang gurih dan legit terasa nikmat disantap sebagai hidangan takjil. Maka dari itu lemang kerap dicari saat bulan Ramadhan tiba.

Proses pembuatan lemang terbilang unik. Karena beras ketan yang telah dicampur santan dibungkus menggunakan daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu. Setelah itu lemang dibakar hingga matang.

Cara menyantapnya juga bisa dengan dua cara. Bisa dinikmati menggunakan cocolan manis atau dengan lauk asin. Lemang pun banyak tersebar di berbagai daerah.

Di Sumatera Utara dikenal dengan nama Lemang Batok. Lemang ini sangat populer di kota Tebing Tinggi dan biasanya disantap dengan campuran selai atau durian.

Lemang juga jadi makanan khas Sumatera Barat dan Aceh. Tak hanya itu, lemang juga jadi makanan khas bagi masyarakat suku Dayak. Terdapat juga di Lampung hingga Samarinda.

Di Sumatera Utara tepatnya kota Tebing Tinggi, lemang jadi makanan khas yang sangat populer. Biasanya lemang di sini dinikmati bersama selai. Di Pematang Siantar lemang dinikmati dengan sarikaya yang dibuat dari santan dan gula merah yang legit. Bisa juga dinikmati dengan durian mengingat Sumatera Utara punya ragam durian lezat.

Beda lagi dengan Sumatera Barat, biasanya mereka menikmati lemang dengan tapai ketan hitam. Tapai ketan hitam memberikan sensasi rasa asam manis yang menyegarkan. Lemang juga bisa dinikmati bersama lauk asin seperti rendang atau opor.

Lemang yang berbahan dasar beras ketan dengan campuran santan kelapa ini punya proses memasak yang unik. Dimasak menggunakan bilah bambu yang cukup panjang lalu dibakar. Ketika matang lemang jadi pulen dan legit, rasanya pun gurih.

Bahan-bahan yang digunakan:

1. 1 kg beras ketan

2. 1 liter santan kental

3. Garam Secukupnya

4. Lembaran daun pisang

5. 2 bilah bambu yang telah dibersihkan

Cara membuatnya:

1. Pertama bersihkan terlebih dahulu beras ketan dan rendam air bersih selama 2-3 jam lalu tiriskan.

2. Campurkan beras ketan dengan garam dan santan. Kemudian masukkan ke dalam bilah bambu yang telah diberikan alas daun pisang muda.

3. Kemudian bakar lemang tersebut di atas api arang panas selama 3-4 jam. Bisa juga menggunakan perapian untuk jumlah yang banyak.

4. Setelah matang tunggu sampai bambu dingin terlebih dahulu. Setelah itu potong-potong lemang dan bisa dinikmati. Bisa dengan tapai ketan hitam atau makanan lainnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30