Mulai Jadi Mualaf hingga Mengaji ke Gus Miftah, Ini Perjalanan Ruhani Didi Kempot

Mulai Jadi Mualaf hingga Mengaji ke Gus Miftah, Ini Perjalanan Ruhani Didi Kempot

Ahmad
2020-05-06 10:52:10
Mulai Jadi Mualaf hingga Mengaji ke Gus Miftah, Ini Perjalanan Ruhani Didi Kempot
Foto: Instagram/didikempot_official

Musisi campursari Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa 5 Mei 2020 pagi. Didi yang oleh jutaan penggemarnya dijuluki Lord of The Broken Heart itu meninggal di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, setelah menderita serangan jantung. 

Pemilik nama lahir Doinisius Prasetyo itu terbilang penuh warna. Dikutip dari blog Gelatik Records Indonesia, Didi semula menganut agama Kristen, mengikuti agama ibunya dan lahir dari keluarga seniman.

Lalu, semenjak menikahi Yan Vellia yang merupakan partner kerjanya di konser-konser outdoor, penyanyi yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, itu memilih masuk agama Islam dan menjadi mualaf pada tahun 1997. 

Penggemarnya tak hanya berasal dari kaum marjinal yang identik dengan fans lagu dangdut koplo dan campursari, tapi meluas ke anak muda perkotaan. Dari situ munculah komunitas penggemar penyanyi kelahiran 31 Desember 1966 itu, yang menamakan diri 'Sobat Ambyar'. 

Didi Kempot dan istrinya, Yan Vellia, serta kelompok musik pengiringnya, diketahui sering kali menghadiri pengajian Gus Miftah, pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta. 

 Gus Miftah yang juga mengislamkan Deddy Corbuzier itu mengaku, pernah dimintai doa oleh Didi Kempot. "Sampai suatu saat beliau telp saya, 'Mbok kulo di dongakke supaya bisa viral to gus,“ kata Gus Miftah di akun instagramnya, menirukan permintaan Didi Kempot.

Gus Miftah pun seperti tak kuasa menyembunyikan kesedihan, atas meninggalnya Didi Kempot, yang dirasakan sangat mendadak. "Terakhir kali Ngaji dan nyanyi bareng di resepsi nikahan gus @alamudin.dr kita bikin slogan: sobat ambyar vs santri ambyar, dan jenengan berbisik besok Ngaji kepondok lagi nggeh," tulis Gus Miftah. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30