Ini 7 Tips Bagi Pekerja di Sumut Agar Tetap Termotivasi Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Ini 7 Tips Bagi Pekerja di Sumut Agar Tetap Termotivasi Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Alpandi Pinem
2020-05-05 03:30:00
Ini 7 Tips Bagi Pekerja di Sumut Agar Tetap Termotivasi Selama Menjalankan Puasa Ramadan
Ilustrasi Berkerja


Pada saat bulan Ramadan, tak menyurutkan niat kita untuk menjalankan ibadah puasa. Bekerja, juga merupakan salah satu ibadah yang kita lakukan setiap hari. Bekerja selama Ramadan juga bermanfaat, tetapi hal itu bukan tanpa tantangan.

Pada saat ini kita cenderung mengeluh atau merasa tidak memiliki energi  dan semangat untuk bekerja saat berpuasa. Namun, jangan khawatir berikut ini tips agar tetap termotivasi untuk bekerja saat menjalankan puasa Ramadan.

1. Berhenti Mengeluh


Apakah Anda akan bekerja dengan semangat dan energi atau hanya mengikuti nafsu Anda untuk bermalas-malasan semuanya ada di pikiran Anda. Tips puasa ramadan pertama ialah, berhenti mengeluh.

Meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama bulan Ramadhan karena kewajiban agama seperti berlatih menahan diri dari kelaparan dan emosi dan pikiran negatif, pastikan bahwa Anda akan bekerja dengan motivasi. Saat Anda sudah menentukan bahwa Anda tidak akan bermalas-malasan di pikiran Anda, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan Sahur Secukupnya


Ingat, saat Anda mengisi ulang energi Anda selama sahur dan berbuka puasa, Anda tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dengan porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuat Anda merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Pilih menu seimbang, seperti karbohidrat, protein, dan serat dalam asupan Anda. Makanan yang mengandung serat membantu Anda kenyang lebih lama. Juga, makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Tips puasa ramadan ini baik untuk menjaga energi tubuh saat bekerja.

3. Sesuaikan Waktu Tidur


Ada dua jadwal tidur untuk Anda perbaiki, pertama, jadwal malam. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik ubahlah. Cobalah tidur lebih awal karena Anda juga harus bangun lebih awal daripada bulan-bulan selain Ramadan.

Jadwal kedua adalah setelah salat sahur dan salat subuh. Mungkin lebih baik jika Anda tidak terus tidur karena itu bisa menyebabkan Anda merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan dengan olahraga atau aktivitas yang memberi energi lainnya.

Jika Anda harus berada di kantor lebih awal di pagi hari (7 pagi hingga 9 pagi), Anda dapat segera pergi. Terapkan tips puasa ramadan ini agar semangat terjaga.

4. Sertakan Kegiatan Lain


Tips puasa ramadan untuk pekerja selanjutnya ialah mencoba kegiatan lain. Gunakan istirahat makan siang untuk melakukan beberapa kegiatan yang membuat Anda segar dan santai seperti berolahraga, berjalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja.

Jika kantor Anda dilengkapi dengan meja biliar, tv, dan video game, manfaatkan mereka. Anda juga dapat menggunakan istirahat makan siang untuk tidur sebentar selama 20-30 menit. Aktivitas ini akan membantu Anda merasa segar dan siap bekerja lagi.

5. Hindari Kafein


Pada hari biasa, kafein dapat membantu kita merasa waspada terutama ketika kita merasa mengantuk. Namun, selama bulan puasa, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein selama sahur atau ketika berbuka puasa karena dapat melukai perut Anda dan membuat Anda sakit.

6. Jaga Kesehatan Tubuh


Tips puasa ramadan untuk pekerja yang tak kalah penting ialah menjaga kesehatan tubuh. Tubuh Anda adalah milik Anda, kenalilah itu. Hindari makanan yang tidak sehat, kegiatan yang tidak produktif dan sejenisnya. Jika Anda sehat, Anda bisa mengatasi semua tantangan dan tampil optimal di tempat kerja.

7. Konsisten Ritual Ibadah


Bagian penting dari Ramadan adalah ketaatan yang dekat dari ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan yang diberkati, Ramadan adalah saat bagi Anda untuk meningkatkan ini. Terakhir, ibadah dengan segala ketulusan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30