Tips Agar Feeling Good Ibadah di Bulan Ramadan Ala Ustaz Hanan Attaki

Tips Agar Feeling Good Ibadah di Bulan Ramadan Ala Ustaz Hanan Attaki

Ahmad
2020-05-04 14:11:53
Tips Agar Feeling Good Ibadah di Bulan Ramadan Ala Ustaz Hanan Attaki
Foto: Instagram/hanan_attaki

Ada saja yang menyebabkan ibadah justru makin tak semangat seiring semakin berjalannya bulan Ramadan. Menyikapi hal tersebut, Ustaz Hanan Attaki punya tips supaya selalu merasa feeling good saat ibadah.

"Ada tips dari ulama supaya kita merasa nyaman saat beribadah, yaitu berakadlah sama Allah SWT. Saat melakukan suatu kebaikan atau ibadah berakadlah sama Allah SWT bukan dengan makhluk. Sehingga berharap kebaikan hanya dari Allah SWT bukan sesama makhluk yang bisa kecewa," kata Ustaz Hanan.

Dengan berakad pada Allah SWT, maka niatnya menjadi, 'saya menolong orang lain karena sayaa ingin Allah membantu saya.' Niat tersebut memungkinkan tak ada masalah jika balasan dari orang yang dibantu justru kurang menghargai atau bikin baper. Tanpa rasa kecewa karena tidak berharap pada sesama makhluk, maka beribadah terasa lebih nyaman dan feeling good.

Tidak lama kemudian, dia menceritakan kisah sahabat Nabi SAW, Abu Bakar, yang selalu berbuat baik pada suatu keluarga. Namun keluarga tersebut justru melontarkan fitnah pada Aisyah yang merupakan putri Abu Bakar. Fitnah tersebut menuduh Aisyah telah berselingkuh dengan sahabat Nabi yang lain.

Abu Bakar yang merasa kecewa kemudian bersumpah tidak akan lagi memberi nafkah, membantu, atau mengirim makanan pada keluarga tersebut.

Kemudian Allah berfirman:


وَلَا يَأْتَلِ أُو۟لُوا۟ ٱلْفَضْلِ مِنكُمْ وَٱلسَّعَةِ أَن يُؤْتُوٓا۟ أُو۟لِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱلْمُهَٰجِرِينَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا۟ وَلْيَصْفَحُوٓا۟ ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ ٱللَّهُ لَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. An-Nur ayat 22)

Allah SWT telah memberi perintah untuk memaafkan mereka yang menyakiti atau berbuat kurang menyenangkan. Permintaan maaf tetap harus diberikan meski ada perasaan kecewa. Selain memaafkan, Allah SWT juga memerintahkan berlapang dada atas kesalahan orang tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30