Mangokkal Holi, Menggali Tulang Belulang Leluhur yang Sudah Meninggal

Mangokkal Holi, Menggali Tulang Belulang Leluhur yang Sudah Meninggal

Anisa Br Sitepu
2020-05-01 22:30:00
Mangokkal Holi, Menggali Tulang Belulang Leluhur yang Sudah Meninggal
Tradisi mangokkal holi di Batak Toba (Foto:Istimewa)

Dengan banyaknya suku dan budaya di Sumatera Utara menjadikan provinsi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Masing-masing suku yang ada di Sumut memiliki tradisi yang berbeda-beda dan menambah kekayaan budaya di tanah Sumatera ini.

Salah satunya,  tradisi yang terdapat di masyarakat Batak Toba yaitu Mangokkal Holi.  

Mangokkal Holi merupakan salah satu tradisi turun-temurun masyarakat Batak. Mangokkal Holi berarti mengambil tulang belulang dari leluhur mereka dari dalam kuburan. Lalu ditempatkan di dalam peti, dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang belulang leluhur.

Untuk melaksanakan tradisi ini membutuhkan biaya besar karena selain memotong hewan ternak, acara dilaksanakan hingga beberapa hari. 

Sebagai informasinya bahwa semua etnis Batak melaksanakan tradisi Mangokkal Holi, meski nama dari tradisi ini berbeda-beda tiap etnis, yaitu etnis Toba dan Simalungun menyebutnya Mangokkal Holi, pada etnis Karo disebut dengan Nampakken Tulan, serta etnis Pakpak mengenalnya tradisi Mengkurak Tulan.

Meski begitu,  inti dan tujuan dari tradisi ini sama yaitu untuk mempertahankan silsilah garis keturunan marga, dan juga menunjukkan eksistensi dan taraf hidup keluarga yang melaksanakannya.

Selain itu,  mereka juga percaya dengan menempatkan leluhur di tugu adalah bukti bahwa para penerus dari leluhur tidak pernah lupa dengan nenek moyangnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30