8 Fakta Unik Kota Rantauprapat ini tidak akan dapat Kamu Temui di Kota Lain, Salah satunya Punya Sederet Destinasi

8 Fakta Unik Kota Rantauprapat ini tidak akan dapat Kamu Temui di Kota Lain, Salah satunya Punya Sederet Destinasi

Ekel Suranta Sembiring
2020-05-01 15:03:59
8 Fakta Unik Kota Rantauprapat ini tidak akan dapat Kamu Temui di Kota Lain, Salah satunya Punya Sederet Destinasi
RantauPrapat (foto: Kota Medan)

Sebagai warga Provinsi Sumatera Utara (Sumut) atau pun diluar Sumut tidak ada salahnya kita menambah wawasan setiap daerah beserta daya tariknya, seperti daerah Rantauprapat ini.

Kabupaten Labuhanbatu dengan Ibu Kotanya bernama Rantauprapat ini punya beberapa fakta unik. Mau tahu fakta unik apa saja? Langsung saja simak 7 fakta unik yang dirangkum Correcto.id dari berbagai sumber berikut ini:

1. Berkaitan dengan Kerajaan Bilah

Sekitar tahun 1623, sebuah kerajaan besar bernama "Bilah" menjadi penguasa di kawasan ini. Kerajaan Bilah terdiri dari beberapa kerajaan kecil seperti Tanjung Medan, Gunung Maria, Sihare-hare, Kuala Pinarik dan Kerajaan Rantauprapat.

2. Asal Usul Rantauprapat

Sejarah nama Rantauprapat ada 2 versi nih. Pertama karena ditempati oleh para perantau yang berdatangan dari daerah lain dan akhirnya memutuskan untuk tinggal di tempat ini. Kedua, konon ada penduduk dari desa tetangga yang mengambil bambu ke daerah ini, saat ditanya bawaannya dari mana, pria tersebut justru kebingungan sebab tak tahu-menahu. Lantas, ia pun menyebut kalimat: "Dari merantau ke prapat", maka jadilah kata Rantauprapat.

3. Pernah jadi Pemerintah Kota

Sebelum disatukan dengan Labuhanbatu, Rantauprapat ini pernah menyandang status Pemerintahan Kota selama bertahun-tahun hingga pada tahun 2003, status tersebut resmi dihapuskan.

4. Sering dikira Parapat

Jangankan orang luar, yang di Sumut saja pasti banyak yang menyangka kalau Rantauprapat ini sama dengan Parapat (Simalungun). Padahal, jarak dari keduanya cukup jauh, butuh 5 jam perjalanan lho. Jadi sudah tahu kan kalau Parapat dan Rantauprapat itu berbeda?

5. Kota Idaman

Walau sudah jadi kelurahan, julukan kota idaman tetap terpatri bahkan semakin melekat dinama Rantauprapat. Hal tersebut tampak dari prestasi yang pernah ditorehkan Rantauprapat saat masih menjadi Pemko. Ya, kota ini pernah meraih piala adipura dalam hal kebersihan pada tahun 1993, idaman banget kan?

6. Kampung Orang Kaya

Kalau bahas uang paling seru nih! jadi Rantauprapat itu identik dengan perkebunan sawit alias green gold. Bayangkan saja, tiap rumah itu rata-rata punya kebun sawit berhektar-hektar. Kalau lagi panen, bakal capek itu jari menghitung duitnya. 

7. Berada di Perbatasan

Jika hendak ke Riau dari Sumut atau sebaliknya melalui jalur darat, maka dipastikan melewati Rantauprapat yang secara geografis terletak di dua wilayah perbatasan yakti provinsi Sumatera Utara dan Riau.

8. Punya Sederet Destinasi 

Sobat traveler wajib sih kesini, soalnya ada sederet tempat wisata Rantauprapat yang perlu kamu eksplor seperti Air Terjun Linggaharu, tugu Simpang 6, Boombara Waterpark, Tugu Simpang 45. Itu dikotanya saja lho, belum lagi jelajah wisata Kabupaten Labuhanbatu. 

Medan ke Rantauprapat membutuhkan waktu 6 jam perjalanan nih sobat traveler. Selain naik angkutan umum atau bus, kamu bisa juga naik kereta api dari Stasiun Medan ke Stasiun Rantauprapat. Sudah siapkah rencana kesini?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30