Tidur Orang Bepuasa Bukan Ibadah, Bertentangan Dengan Spirit Ramadan

Tidur Orang Bepuasa Bukan Ibadah, Bertentangan Dengan Spirit Ramadan

Dedi Sutiadi
2020-05-01 06:00:00
Tidur Orang Bepuasa Bukan Ibadah,  Bertentangan Dengan Spirit Ramadan
Ilustrasi tidur saat menjalankan puasa ramadan. (Foto: Istimewa)

Banyak beredar hadist tentang tidurnya orang puasa di bulan suci Ramadan. Ini membuat banyak orang awam yang memanfaatkan hadits ini untuk tidur seharian ketika berpuasa.


Ustad Adi Hidayat Lc. MA. menegaskan jika hadits tersebut (Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah) adalah hadits Do’if (palsu). Hadist tesebuut tidak mempunyai sanad (Riwayat) yang jelas dan juga bertentangan dengan anjuran Nabi Muhammad Sholaulllahu Alaihi Wassalam.


“Sekali lagi kami tegaskan, hadits tersebut (tidur orang berpuasa adalah ibadah) itu palsu, bahkan bukan cuman palsu tapi palsu banget,” Kata Ustad Adi.


“Yang pertama, riwayatnya bermasalah. Dan yang kedua, itu bertentangan dengan spirit Ramadan. Nabi meminta kita untuk meningkatkan ibadah. Kalau anda mengambil alasan untuk keluar dari semangat itu,” tegas Ustad Adi.


UAD mengjelaskan dengan mengutip kisah sahabat yang berjuang untuk melakukan aktivitas saat berpuasa melawan panasnya padang pasir di siang hari dan berjihad di Perang Badar.


“Coba anda bayangkan, Syakh Mustofa Abdul Aziz beliau sampaikan bahwa, ayat pertama puasa itu ketika mengwajibkan umat Nabi Saw. turun dihari Senin, tanggal 2 Sya’ban tahun ke-2 Hijrah. Saat turun perintahnya, itu Masyaallah, mereka berjuang di bulan Ramadan dengan panas terik, masih ada juga berperang di perang Badar,” jelas UAD.


“Anda bisa bayangkan, Ramadan, perang Badar, panas, terik, dan aktivitas meningkat, yang puasa yang solat yang baca al-qur’an. Mereka sahabat, ahli surge, sebagian mereka masuk surga tanpa hisab. Maka muncul orang-orang belakangan, sahabat bukan, Tabi’in bukan, tidak dekat dengan Allah, pahala belum banyak, belum ada jaminan surga. Lantas anda ingin menghindari, Nabi mengatakan tingkatkan ibadah, lalu anda menghindari ibadah dengan alasan tidur. Maka bagaimana anda katakana itu hadist,” lanjut Ustad Adi.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30